Preview: Sentimen Konsumen UoM AS

889

Keyakinan konsumen naik di bulan Januari ke level tertinggi di dalam tujuh bulan, mencapai 93.3, setelah 92.6 di bulan Desember. Angka tersebut menunjukkan inflasi yang rendah memiliki pengaruh yang positip terhadap rumah tangga yang outlook terhadap kenaikan upah tetap bagus. Para ekonom memperkirakan angka sebesar 92.7. Kondisi sekarang indeks turun ke 105.1 dari bulan sebelumnya sebesar 108.1, sementara outlook selama enam bulan naik ke 85.7, tertinggi sejak bulan Juni, dari sebelumnya 82.7.

Perkiraan pertengahan bulan mengenai indeks sentimen konsumen diperkirakan turun menjadi 91.8. Angka akhir bulan Januari adalah 92, yang adalah jauh lebih rendah daripada perkiraan pertengahan bulan sebesar 93.3 dan kurang dari akhir bulan Desember sebesar 92.6.

Sementara sentimen tetap berada pada level yang secara historis berhubungan dengan “era yang baik” dan tren selama lima tahun yang lalu secara solid positip dengan koreksi yang relative terkontrol, level yang tinggi ini bisa mengkuatirkan.

Pada saat demam IT di tahun Sembilan puluhan, indeks tidak lebih tinggi dari dimana kita berada sekarang. Sentimen biasanya tinggi tepat sebelum penurunan yang besar terjadi di ekonomi riil dan pasar keuangan.

Memang saat ini gas sedang lebih murah dan data pekerjaan solid. Tetapi jalannya biasanya akan menjadi sulit tepat pada saat setiap orang sedang merasa optimis.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here