Rupiah Kalahkan Dollar 6 Pekan Berturut

738

Hingga penutupan perdagangan pasar valas tanah air hari Jumat (19/02), pelemahan rupiah yang terjadi sejak  perdagangan pagi oleh profit taking pasar merespon negatif penurunan BI rate hingga 25 BP menjadi 7 persen.  Namun secara mingguan rupiah kembali mencetak penguatan untuk 6 pekan berturut terhadap dollar.

rupiah

Pelemahan rupiah  dari pagi  ke sore   membuat asing melakukan  aksi ambil untung terhadap saham-saham kapital besar yang sudah mahal   sehingga tercetak  net sell sebesar Rp912 miliar. Dan aksi asing ini   membuat IHSG   ditutup turun 1,7 persen  ke posisi 4698.  

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot sore  ini bergerak negatif dengan posisi penurunan 0,03% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13508/US$ setelah  dibuka kuat  pada level Rp13520/US$. Pelemahan kurs hingga  siang ini seiring   dengan pelemahan  yang dilakukan BI terhadap  kurs jisdor dan juga kurs transaksi antar bank.

Kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia   hari ini diperlemah  ke 13549  dari hari sebelumnya 13479 pada hari Kamis (18/02), sedangkan kurs transaksi antar bank melemah  ke posisi 13,617.00  dari posisi 13,546.00 perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan awal pekan depan,  analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah masih akan bergerak positif oleh sentimen optimisme investasi di tanah air meski dollar AS diperkirakan menguat.

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here