Harga Karet Tocom Bergerak Positif Terbantu Kenaikan Minyak Mentah

586

Harga karet Tocom pada perdagangan Kamis siang (17/03) terpantau menguat. Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif Agustus 2016 naik terdorong kenaikan harga minyak mentah.

Harga minyak mentah sesi Asia terus lanjutkan penguatan siang ini. Kenaikan harga minyak mentah membuat biaya produksi karet sintetis menjadi lebih mahal. Dampaknya permintaan terhadap komoditas karet alami seperti yang diperdagangkan di Tocom mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Lihat : Harga Karet Tocom Naik Signifikan Didukung Yen Lemah Dan Minyak Naik

Harga minyak mentah naik 2 persen di perdagangan Asia, Kamis, menambah kenaikan yang kuat di sesi sebelumnya setelah negara-negara produsen utama menguatkan rencana pertemuan untuk membahas pembekuan peroduksi.

Harga minyak mentah AS naik 77 sen ke $ 39,23 per barel pada 0221 GMT, setelah sebelumnya naik setinggi $ 39,38. Sementara harga minyak mentah berjangka Brent naik 51 sen menjadi $ 40,84. Pada hari Rabu, Brent berakhir naik $ 1,59, atau 4 persen, di $ 40,33 per barel.

Lihat : Harga Minyak Mentah Sesi Asia Maju Dengan Harapan Pembekuan Produksi

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Agustus 2016 hari ini terpantau mengalami kenaikan sebesar 3,6 yen pada posisi 174,10 yen per kilogram, naik dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada 170,50 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan selanjutnya masih berpotensi menguat dengan potensi rally harga minyak mentah.

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level Resistance di posisi 179,00 yen. Resistance selanjutnya ada di 184,00 yen. Sementara itu jika harga retreat akan menemui Support di posisi 169,00  yen dan 164,00  yen.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here