Bank Sentral Rusia Pertahankan Suku Bunga Tetap Karena Risiko Inflasi

732

Bank sentral Rusia mempertahankan suku bunga acuan tidak berubah untuk lima kali berturut di tengah risiko inflasi, memperingatkan bahwa kebijakan moneter yang cukup ketat dapat bertahan lebih lama dari yang direncanakan sebelumnya.

Tingkat suku bunga tetap pada 11 persen, Bank of Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan, Jumat (18/03). Tiga puluh lima dari 42 ekonom memprediksi tetap, dengan sisanya memperkirakan penurunan menjadi 10,5 persen, menurut survei Bloomberg. Gubernur Elvira Nabiullina akan mengadakan konferensi pers di Moskow, dan pembuat kebijakan juga akan mengeluarkan perkiraan ekonomi yang diperbarui.

russia-interest-rate

Tahun kedua resesi dan keuntungan dalam minyak dan rubel tidak menambah keseimbangan dalam mendukung pelonggaran karena ekspektasi inflasi tetap tinggi.

Meskipun stabilisasi tertentu di pasar keuangan dan komoditas dan perlambatan inflasi, risiko inflasi tetap tinggi,” kata bank sentral dalam pernyataan itu.

Lihat : Suku Bunga AS Tetap, The Fed Perkirakan Dua Kali Kenaikan Tahun 2016

Dengan harga minyak telah pulih sebagian setelah merosot di bawah $ 30 per barel tahun ini, rubel juga telah maju dari bulan Januari. Rubel naik sekitar 20 persen terhadap dolar AS sejak saat itu, sebagai salah satu mata uang yang paling stabil di dunia, data yang dikumpulkan oleh Bloomberg menunjukkan.

Obligasi Rusia juga telah rally, memotong yield lima tahun utang pada 161 basis poin sejak Januari. Obligasi menguat tertinggi dalam dua minggu pada hari Kamis setelah para pembuat kebijakan AS menurunkan jumlah kemungkinan kenaikan suku bunga tahun ini, meningkatkan minat lebih tinggi untuk menghasilkan aset di pasar negara berkembang.

“Risiko inflasi lebih besar daripada risiko kelemahan ekonomi, bahkan meskipun perbaikan kondisi eksternal,” Dmitry Polevoy, kepala ekonom untuk Rusia pada ING Groep NV di Moskow, mengatakan sebelum pengumuman.

Sementara pertumbuhan harga telah melambat selama enam bulan, itu masih lebih dari dua kali target jangka menengah bank dari 4 persen. Inflasi akan berada di bawah 6 persen per tahun dari sekarang, meskipun “risiko tetap” bahwa tingkat dapat melebihi tujuan pada akhir 2017, kata pembuat kebijakan, Jumat.

Juga hambatan karena ketidakpastian kebijakan fiskal, dengan pemerintah sekarang meninjau anggaran tahun ini, yang saat ini didasarkan pada harga minyak rata-rata $ 50 per barel. Kementerian Keuangan sedang berjuang untuk menahan defisit menjadi 3 persen dari produk domestik bruto, yang akan menjadi terluas di enam tahun.

Kegagalan untuk menjaga kesenjangan anggaran di bawah kontrol akan meningkatkan tekanan pada pasokan uang dan akhirnya dapat mendorong bank sentral untuk menaikkan biaya pinjaman, menurut Menteri Keuangan Anton Siluanov.


Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here