Rupiah Selasa Nyaman Di Zona Hijau Kalahkan Dollar

382

Mengakhiri perdagangan  pasar valas hari Selasa  (12/04), rupiah nyaman di zona hijaunya sehingga mampu melawan kekuatan dollar yang sedang terpangkas di pasar spot Eropa terhadap rival-rival utamanya. Melihat londisi dollar yang melemah terus membuat pasar global koleksi aset-aset emerging market termasuk rupiah.

Penguatan nilai tukar rupiah sejak pagi hari akhirnya memberikan keuntungan  pada bursa saham, terpantau asing  melakukan banyak aksi beli sehingga tercetak netbuy  sebesar Rp238 miliar lebih. Aksi asing ini membuat laju IHSG lanjut bullish dan menguat 0,9% ke posisi 4830.

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot sore  ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,12% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13118/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13126/US$. Dari sisi kurs jisdor  dan  kurs BI, rupiah Senin diperkuat dari perdagangan sebelumnya. 

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperkuat  ke posisi 13123 dari hari sebelumnya 13134 pada hari Senin (11/04),  sedangkan kurs transaksi antar bank menguat  ke posisi 13189   dari posisi 13200 perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari,  analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah  bergerak positif kembali  meski pada akhirnya    dollar  menguat diakhir perdagangan malam ini.

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here