Harga Timah 14 April Tembus $ 17000 Dengan Penguatan Bursa Global

599

Harga timah di bursa Malaysia naik pada perdagangan Kamis (13/04). Kenaikan harga timah terdorong penguatan bursa global yang memberikan harapan kenaikan permintaan timah.

Bursa Saham AS ditutup naik lebih 1 persen pada akhir perdagangan Rabu, terdorong kenaikan saham sektor keuangan. Indeks Dow Jones ditutup naik 1,06 persen, ke 17,908.28, dengan kenaikan tertinggi saham JPMorgan Chase. Indeks S & P 500 ditutup naik 1,00 persen, pada 2,082.42, dengan sektor keuangan memimpin tujuh sektor yang lebih tinggi. Indeks Nasdaq ditutup naik 1,55 persen, pada 4,947.42.

Lihat : Akhir Bursa Wall Street Naik Tertinggi Tahun 2016

Bursa Eropa juga berakhir positif pada penutupan perdagangan semalam. Pasar Saham Eropa berakhir naik terdorong peningkatan ekspor Tiongkok.

Sementara itu, pada perdagangan siang ini, bursa Asia juga bergerak di zona hijau terpicu kenaikan bursa Wall Street.

Indeks Shanghai juga bergerak positif, terdorong optimisme penguatan ekonomi Tiongkok dengan meningkatnya ekspor Tiongkok dan proyeksi pertumbuhan IMF.

Kemarin telah dirilis data ekspor Tiongkok yang mencatatkan hasil peningkatan, memberikan harapan penguatan ekonomi Tiongkok.

Ekspor Maret Tiongkok berdenominasi yuan naik 18,7 persen pada tahun, pulih dari penurunan 20,6 persen pada Februari. Hasil ini memberikan gambaran perdagangan Tiongkok yang membaik pada bulan Maret ini.

Sementara itu impor berdenominasi yuan jatuh 1,7 persen per tahun, lebih lambat dari penurunan 8 persen bulan sebelumnya. Hasil Impor ini memperpanjang penurunan beruntun hingga 17 bulan.

Hasil ini memberikan negara ekonomi terbesar kedua di dunia ini meraih surplus 194,6 milyar yuan ($ 30 milyar) untuk bulan tersebut, menyempit dibandingkan dengan surplus Februari $ 32,59 milyar.

Lihat : Ekspor Maret Tiongkok Rebound; Surplus Perdagangan Menyempit

Optimisme penguatan ekonomi Tiongkok juga datang dengan adanya proyeksi IMF yang menaikkan proyeksi pertumbuhan ekonomi tahun 2016 ini.

IMF juga memperkirakan ekonomi Tiongkok akan tumbuh 6,5 persen pada 2016 dan 6,2 persen pada tahun 2017, keduanya naik 0,2 persen dari prediksi Januari-nya. Kenaikan proyeksi tersebut mencerminkan kebijakan stimulus yang diumumkan Tiongkok dan tren pertumbuhan yang kuat di sektor jasa mengimbangi kelemahan baru-baru ini dalam aktifitas manufaktur.

Lihat : IMF Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Global; Proyeksi Tiongkok Naik

Harga timah di bursa komoditas Malaysia terpantau mengalami penguatan hari ini. Harga logam industri ini diperdagangkan pada posisi 17.050 dollar per ton, naik sebesar 100 dollar dari penutupan sebelumnya pada 16.950.

Lihat : Harga Timah 13 April Terbantu Penguatan Bursa Global Dan Ekspor Tiongkok

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga timah Malaysia pada perdagangan selanjutnya akan memperoleh sentimen positif dari penguatan bursa global dan bursa Tiongkok. Namun perlu dicermati potensi penguatan dollar AS, dimana malam hari nanti akan dirilis data Inflasi AS yang diindikasikan naik. Harga diperkirakan akan menghadapi level Resistance di posisi 17.250 dollar dan 17.450 dollar. Akan tetapi jika melemah, harga timah akan menghadapi level Support di 16.850 dollar dan 16.650 dollar.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here