Harga Minyak Mentah Naik Sekitar 3 Persen Terdukung Pelemahan Dollar AS

636

Harga minyak mentah melonjak sekitar 3 persen pada akhir perdagangan hari Selasa karena pelemahan dolar AS.

Harga minyak mentah berjangka naik dari awal sesi karena dolar jatuh sekitar setengah persen menjelang pernyataan kebijakan Fed Rabu, dimana diperkirakan The Fed akan mempertahankan suku bunga tetap.

Pelemahan dollar AS juga terjadi dengan data Durable Goods Orders bulan Maret yang di bawah perkiraan. Indeks Dollar AS jatuh terhadap sekeranjang mata uang, berakhir turun 0,27 persen pada 94.51.

Harga Minyak mentah berjangka AS naik $ 1,40, atau 3,3 persen, pada $ 44,04 per barel, hasil akhir terbaik sejak November.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent kontrak bulan depan diperdagangkan naik $ 1,22, atau 2,7 persen, pada $ 45,70 per barel.

Lihat : Harga Minyak Mentah Sesi Asia Terangkat Pelemahan Dollar AS

Harga minyak mentah berjangka juga naik didukung kenaikan 3 persen bensin dan solar sulfur ultra-rendah, atau minyak pemanas AS, harga margin bensin AS naik setinggi 4 persen pada awal perdagangan di bagian atas serangkaian pemadaman unit kilang di pasar Gulf Coast AS, kata para pedagang.

Harga minyak telah meningkat selama tiga minggu terakhir, dengan Brent di jalur untuk menyelesaikan April sekitar 14 persen lebih tinggi untuk kenaikan bulanan terbaik dalam setahun, meskipun kegagalan rencana produsen utama untuk menyepakati sebuah pembekuan produksi pada pertemuan di Qatar pada bulan ini.

Namun, analis memperingatkan perang harga dan pasokan yang berlebihan bisa terjadi karena Arab Saudi dan Iran bersaing untuk pangsa pasar.

Analis Citi mengatakan kemungkinan bahwa Arab Saudi telah menargetkan 500.000 barel per hari dalam penjualan baru untuk membawa produksi hingga setidaknya 11 juta barel per hari.

Sedangkan BMI memperkirakan produksi Saudi rata-rata 10,3 juta barel per hari, naik dari perkiraan sebelumnya 10,2 juta barel per hari.

Iran ingin kembali ke produksi pra-sanksi pada 4 juta barel per hari. negara itu bisa mencapai tujuan yang dalam waktu dua bulan, wakil Menteri Minyak Iran menyatakan seperti dikutip pekan lalu, sebagai sinyal Teheran mungkin bersedia untuk bergabung dengan upaya untuk mendukung harga saat OPEC bertemu pada bulan Juni.

Beberapa analis enggan untuk terlalu optimis tentang prospek kenaikan lebih lanjut, mengingat bahwa pasokan dan permintaan masih sejajar untuk sekitar 1 juta barel per hari.

Setelah penutupan perdagangan, American Petroleum Institute telah merilis data persediaan minyak mentah mingguan AS yang mencatatkan hasil negatif -1.070 M, turun dari ekspektasi 0.800 M, dan dari hasil sebelumnya 3.100 M. 

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah pada perdagangan selanjutnya berpotensi naik dengan penurunan persediaan minyak mentah yang dirilis API. Juga perlu diperhatikan pergerakan dollar AS yang dapat mempengaruhi harga minyak. Harga diperkirakan menembus kisaran Support $ 43,50-$ 43,00, dan jika naik akan menembus kisaran Resistance $ 44,50-$ 45,00.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here