Harga Minyak Mentah Sesi Asia Tertekan Profit Taking

624

Harga minyak mentah berjangka retreat dari posisi tertinggi tahun 2016 pada perdagangan sesi Asia pada Kamis (28/04) tertekan aksi profit taking setelah rally tajam April, tetapi analis mengatakan jatuhnya produksi AS dan selera investor yang kuat bisa mendorong harga lebih tinggi segera.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) turun 26 sen menjadi $ 45,07 per barel.

Sedangkan harga Minyak mentah berjangka internasional Brent diperdagangkan pada $ 46,92 per barel pada 0521 GMT, turun 26 sen dari pemukiman terakhir mereka.

Penurunan terjadi setelah kedua benchmark naik pada hari Rabu ke tingkat tertinggi untuk tahun 2016 sebagai salah satu kenaikan harga paling tinggi dalam beberapa tahun terakhir. Keduanya, Brent dan WTI telah naik lebih dari 70 persen sejak terendah mereka pada bulan Januari dan Februari.

Lihat : Harga Minyak Mentah Melonjak Tertinggi 2016 Setelah Keputusan The Fed

Catatan angka penyimpanan minyak mentah mungkin telah memacu beberapa investor untuk mengambil keuntungan pada hari Kamis dengan menutup posisi panjang, kata para pedagang, dan data pemerintah pada hari Rabu menunjukkan bahwa cadangan minyak mentah AS naik 2 juta barel pekan lalu menjadi 540.600.000 barel.

Meskipun harga jatuh, analis mengatakan bahwa sentimen telah berubah bullish, dan bahwa kenaikan harga lebih lanjut kemungkinan besar terjadi.

Para analis mengatakan penurunan produksi di Amerika Serikat dan dolar yang lemah yang mendukung harga dan menarik investor.

“Tren terbaru dari kenaikan harga minyak mentah menerima dorongan lain setelah produksi minyak mentah AS terbukti telah jatuh lagi minggu lalu,” kata ANZ Bank, menyusul rilis oleh Administrasi Informasi Energi AS (EIA) menunjukkan bahwa produksi minyak mentah jatuh ke 8.940.000 barel per hari (bph) pekan lalu, turun hampir setengah juta barel per hari dari saat ini tahun lalu.

Sementara bank investasi AS Jefferies mengatakan pasar diperkirakan untuk tetap kelebihan pasokan dalam waktu dekat, dan mengatakan bahwa persediaan minyak mentah mulai turun pada kuartal ketiga.

Analis mengatakan bahwa momentum bullish lebih lanjut bisa muncul karena kelemahan yang sedang berlangsung dalam dolar, yang turun lebih dari 5 persen tahun ini terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya, dengan melemahnya dollar AS membuat minyak mentah yang diperdagangkan dalam dollar AS lebih murah untuk dibeli oleh negara-negara yang menggunakan mata uang lain.

Federal Reserve mengatakan Rabu bahwa itu akan meninggalkan suku bunga AS tidak berubah dan tidak terburu-buru untuk menaikkan suku bunga segera.

Jefferies juga memperingatkan bahwa kapasitas cadangan global, diperkirakan sekitar 2 juta barel per hari, atau 2 persen dari permintaan, adalah sangat rendah mengingat frekuensi gangguan tak terduga baru-baru ini, termasuk gangguan pipa dan pemogokan, serta “situasi fiskal yang menekan dari produsen seperti Venezuela, Irak dan Nigeria. “

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya harga minyak mentah berpotensi menguat setelah keputusan The Fed mempertahankan suku bunga AS yang melemahkan dollar AS. Harga diperkirakan menembus kisaran Resistance $ 45,80-$ 46,30, dan jika turun akan menembus kisaran Suport $ 44,80-$ 44,30.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here