Akhir Bursa Seoul 19 Mei Tertekan Kekuatiran Kenaikan Suku Bunga AS

618
indeks kospi

Pada penutupan perdagangan bursa saham Korea Selatan Kamis (19/05), indeks Kospi ditutup turun 0,51 persen, atau 9,95 poin pada 1.946,78. Penurunan Indeks Kospi tertekan kekuatiran kenaikan suku bunga AS dalam jangka dekat ini.

Lihat : Indeks Kospi 19 Mei Dibuka Turun Tertekan Kekuatiran Kenaikan Suku Bunga AS

The Federal Reserve AS kemungkinan akan menaikkan suku bunga pada bulan Juni jika data pertumbuhan ekonomi kuartal kedua lebih kuat serta inflasi dan pasar kerja menguat, demikian rilis dari risalah pertemuan kebijakan April bank sentral AS yang dirilis dinihari tadi Kamis (19/05).

Pandangan itu, diungkapkan oleh sebagian besar pembuat kebijakan Fed pada pertemuan kebijakan terakhir, menunjukkan bank sentral lebih dekat ke mengangkat suku bunga lagi dibandingkan perkiraan dari Wall Street .

“Sebagian besar peserta menilai bahwa jika data yang masuk konsisten dengan pertumbuhan ekonomi meningkat pada kuartal kedua, pasar tenaga kerja terus menguat, dan inflasi membuat kemajuan menuju tujuan 2 persen komite, maka kemungkinan akan sesuai untuk komite untuk meningkatkan target untuk suku bunga federal pada bulan Juni, “menurut risalah.

Lihat : Risalah FOMC : The Fed Memungkinkan Kenaikan Suku Bunga Bulan Juni

Sebuah kenaikan suku bunga AS sering mengakibatkan arus keluar besar-besaran modal asing dari pasar negara berkembang, seperti Korea Selatan.

Pada akhir perdagangan saham, saham-saham kapital besar mixed. Saham Samsung Electronics menambahkan 0,16 persen, saham pembuat kosmetik terkemuka AmorePacific jatuh 1,07 persen, saham Hyundai Motor naik 1,13 persen, saham Kia Motors melompat 1,52 persen.

Mata uang won Korea ditutup pada 1,191.70 won terhadap dolar AS, turun 9,10 won dari penutupan sesi sebelumnya.

Sedangkan untuk indeks kospi berjangka terpantau turun -0,40 poin atau -0,17% pada 238.90, naik dari posisi penutupan sebelumnya pada 239.30.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya indeks Kospi akan melemah terbatas tertekan kekuatiran kenaikan suku bunga AS. Indeks Kospi diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 236.86-233.85 dan kisaran Resistance 242.58-245.73.


Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here