Harga Minyak Mentah Turun Terpicu Peningkatan Pengiriman Produksi

883

Harga minyak mentah turun pada akhir perdagangan hari Kamis setelah laporan peningkatan pengiriman minyak yang kembali meningkatkan kekuatiran kelebihan pasokan global.

Bulan lalu, pengiriman minyak naik 3,6 persen dari tahun lalu menjadi 19,7 juta barel per hari, menandai pengiriman April tertinggi dalam delapan tahun, demikian laporan American Petroleum Institute pada hari Kamis.

Harga minyak mentah AS kontrak Juni, yang berakhir sebagai bulan depan di pemukiman Kamis, berakhir di $ 48,16, turun 3 sen, atau 0,1 persen. Harga telah jatuh ke $ 46,73 sebelumnya.

Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk bulan Juli turun 8 sen ke $ 48,85 per barel. Harga telah jatuh sebanyak $ 1,55, atau lebih dari 3 persen, selama sesi rendah untuk $ 47,38.

Lihat :Harga Minyak Mentah Sesi Asia Merosot 1,5 Persen

“April melanjutkan tren rekor permintaan bensin tahun ini berkat harga rendah,” kata Erica Bowman, kepala ekonom API, mengatakan dalam sebuah pernyataan. Rekor tinggi persediaan minyak mentah – yang tertinggi sejak tahun 1920 – berkontribusi pada permintaan konsumen bensin yang tinggi rekor untuk bulan April “.

Pada hari Kamis, harga minyak turun karena ekspektasi kenaikan suku bunga AS mengangkat dolar, tapi harga menahan penurunan di tengah kekhawatiran tentang penurunan pasokan dari terminal minyak mentah utama Nigeria.

Harapan bahwa Federal Reserve AS akan menaikkan suku bunga bulan depan mendorong investor untuk profit taking dari posisi panjang di Brent dan West Texas Intermediate (WTI). Aksi tersebut terjadi setelah minyak rally pada hari Senin dan Selasa di tengah kekhawatiran tentang penurunan pasokan.

Kamis sore, Brent dan WTI turun tajam dari posisi terendah sesi setelah terminal minyak mentah Qua Iboe, Nigeria terbesar yang biasanya mengekspor lebih dari 300.000 barel per hari, dilaporkan ditutup karena ancaman militan.

Pekerja dari di terminal, yang dioperasikan oleh ExxonMobil, telah dievakuasi dan tanki telah dikosongkan, kata laporan itu, mengutip para pedagang.

Seorang juru bicara ExxonMobil kemudian menjelaskan bahwa produksi masih “berlangsung” di terminal, meskipun bisnis terganggu sebelumnya pada hari Kamis oleh ancaman tersebut.

Pengurangan produksi di kilang Perancis yang dimiliki oleh Total di tengah pemogokan pekerja juga menyediakan beberapa dukungan untuk harga.

Minyak jatuh pada awal perdagangan, memperpanjang kerugian dari sesi sebelumnya setelah rilis risalah pertemuan kebijakan Fed April yang menaikkan ekspektasi kenaikan suku bunga bulan Juni.

Pada hari Kamis, Presiden Fed New York William Dudley mengatakan bank sentral berada di jalur untuk kenaikan suku bunga bulan Juni atau Juli.

Indeks dolar, yang diukur terhadap sekeranjang mata uang, mencapai tertinggi dekat dua bulan, melanjutkan kenaikannya dari sesi sebelumnya yang membuat harga minyak yang berdenominasi dollar AS kurang menarik bagi pemegang mata uang lainnya.

Beberapa analis mengatakan dolar melonjak mungkin akan memperlambat pemulihan harga minyak mentah, tapi tidak menghentikannya. Brent naik dari $ 27 di Januari dan WTI telah kembali pulih dari $ 26 tingkat pada bulan Februari.

Harga minyak naik 3 persen selama dua hari pertama pekan ini pada ancaman pasokan Kanada akibat kebakaran hutan dan kekhawatiran penurunan pasokan Nigeria, Libya dan Venezuela.

Analis di BNP Paribas mengatakan pasar minyak telah bergerak “terlalu tinggi, terlalu jauh, terlalu cepat.”

Meskipun terjadi penurunan produksi AS di tengah investasi yang lebih rendah oleh pengebor shale, produksi OPEC berada pada titik tertinggi dalam beberapa tahun sebagian berkat ekspor Iran yang lebih tinggi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya harga minyak mentah berpotensi turun dengan penguatan dollar AS dan kekuatiran kelebihan pasokan global. Harga diperkirakan menembus kisaran Support $ 47,50-$ 47,00, dan jika naik akan menembus kisaran Resistance $ 48,50-$ 49,00.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here