Harga Minyak Mentah Turun Terganjal Pesimisme Pertemuan OPEC

588

Harga minyak ditutup turun pada akhir perdagangan hari Rabu setelah sumber OPEC mengatakan mungkin mempertimbangkan pembatasan produksi baru pada pertemuan yang akan datang, meskipun di pasar masih banyak muncul skeptis tentang kesepakatan tersebut.

Harga minyak mentah berjangka AS ditutup 0,18 persen lebih rendah, atau 9 sen, pada $ 49,01 per barel, setelah turun terendah ke $ 47,75 sebelumnya.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent turun 11 sen menjadi $ 49,79 per barel, setelah mencapai intraday rendah pada $ 48,65.

Lihat : Harga Minyak Mentah Sesi Asia Tertekan Peningkatan Produksi Timur Tengah

Reuters mengutip empat sumber OPEC mengatakan Organisasi Negara Pengekspor Minyak kemungkinan untuk mempertimbangkan batas produksi pada pertemuan Kamis ini.

Laporan sebelumnya pada hari Rabu mengatakan anggota OPEC Timur Tengah, termasuk Arab Saudi, sedang mempertimbangkan menghidupkan kembali gagasan terkoordinasi tindakan produksi minyak oleh produsen utama, kata seorang sumber senior OPEC.

Pelaku pasar telah meragukan kesepakatan semacam itu mungkin. Iran, anggota kunci OPEC, mengatakan pihaknya bertekad untuk mengembalikan ekspor minyak mentah untuk pra-sanksi tingkat. Analis mengatakan pertemuan Kamis ini cenderung fokus pada mempertahankan pangsa pasar dari anggota OPEC individu.

Arab Saudi batal untuk membekukan produksi global – yang bertujuan untuk menstabilkan pasar minyak – pada bulan April. Dikatakan kemudian bahwa Arabb Saudi akan bergabung dengan kesepakatan, yang juga akan melibatkan non-OPEC anggota Rusia, hanya jika Iran setuju untuk membekukan produksi.

Harga minyak mereda sebelumnya pada kekhawatiran di kalangan pedagang bahwa anggota OPEC Timur Tengah bisa terus meningkatkan produksi. Banyak produsen minyak Timur Tengah telah menggenjot pengiriman ke Asia dalam perjuangan agresif untuk pangsa pasar.

Tapi di sisi permintaan, Morgan Stanley mengatakan khawatir tentang Tiongkok. “Ekonom kami khawatir bahwa data April menunjukkan perlambatan Tiongkok … Data permintaan minyak dari Tiongkok memperkuat kekhawatiran mereka,” kata bank.

Pengukur resmi aktivitas pabrik Tiongkok tumbuh hanya sedikit pada Mei, data menunjukkan pada hari Rabu, sementara survei swasta menunjukkan kondisi memburuk untuk bulan kelima belas.

Kemacetan pelabuhan Tiongkok dan musim pemeliharaan kilang yang akan datang juga akan membebani impor minyak mentah selama beberapa bulan ke depan, analis di BMI Research mengatakan.

Sebuah jajak pendapat Reuters pada hari Selasa menunjukkan bahwa sebagian besar pedagang memperkirakan potensi kenaikan harga lebih lanjut terbatas tahun ini sebagai kelebihan pasokan global terus berlanjut.

Kenaikan lebih dari 20 persen, atau hampir $ 10 per barel, sejak awal April, telah didukung sebagian besar oleh gangguan pasokan, terutama di Afrika dan Kanada, dan sebagai keseluruhan permintaan tetap kuat meskipun ekonomi Tiongkok melambat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah bergerak melemah dengan sentimen peningkatan produksi minyak Timur Tengah dan pesimisme pertemuan OPEC. Harga akan menembus kisaran Support $ 48,50- $ 48,00, dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 49,50 – $ 50,00.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here