Harga Batubara Rotterdam Naik Terdorong Pelemahan Dollar AS

1521

Pada akhir perdagangan Jumat dini hari (29/07), harga batubara Rotterdam lanjutkan penguatan, ditutup naik terpicu pelemahan dollar AS.

Dolar AS melemah 0,14 persen terhadap sekeranjang mata uang setelah The Fed AS mempertahankan suku bunga tetap.

Pelemahan dollar AS membuat harga batubara rotterdam yang dijual dalam mata uang dollar AS menjadi lebih murah, sehingga permintaannya meningkat.

Harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu kontrak bulan Agustus 2016 berakhir naik di posisi 61,40 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami kenaikan sebesar 0,50 dollar atau setara dengan 0,82 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Lihat : Harga Batubara Rotterdam Naik 2 Persen Terbantu Pelemahan Dollar AS

malam nanti akan dirilis data GDP Growth Rate QoQ Adv Q2 yang diindikasikan meningkat. Jika terealisir dapat menguatkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga batubara berjangka Rotterdam pada perdagangan selanjutnya berpotensi melemah dengan potensi peguatan dollar AS jika data GDP AS Q2 meningkat.

Harga batubara berjangka berpotensi mengetes level Support pada posisi 60,90 dollar dan Support kedua di level 60,40 dollar. Sedangkan level Resistance yang akan diuji jika terjadi penguatan harga ada pada posisi 61,90 dollar dan 62,40 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here