Harga Emas Menjelang Jackson Hole

530

Bayangan hitam yang panjang dari pidato hari Jumat di Jackson Hole memicu investor emas untuk bergerak ke pinggir dan bahkan melakukan aksi penjualan.

Itulah ekspresi dari suatu pemikiran yang mengatakan Yellen akan memberikan petunjuk bahwa tingkat bunga akan dinaikkan lebih cepat lebih baik. Namun, kita tidak yakin. Yellen, seperti kebanyakan kepala the Fed lainnya sebelum dia, berpegangan pada script dari risalah pertemuan sebelumnya.

Penurunan harga emas kemarin berjalan bersama penguatan dolar AS yang membuat harga emas menjadi lebih murah. Namun, bukan itu saja penyebab turunnya harga emas kemarin. Ada nada bearish yang lainnya yang juga mempengaruhi penurunan harga emas kemarin. West Texas Intermediate crude turun sebanyak 3% dan berusaha untuk pulih sedikit menjelang perdagangan siang hari.

Dengan symposium ekonomi akan dimulai di Jackson Hole Wyoming pada malam hari ini, semua mata terfokus kepada dolar AS.

Setelah menaikkan tingkat suku bunga untuk pertamakalinya dalam satu dekade di tahun 2015, the Fed menjadi agak tenang. Namun, pada malam hari ini, ekspektasi mulai naik pada minggu ini sebagai antisipasi terhadap pidato yang “hawkish” dari Yellen di Wyoming.

Kalau memang benar demikian yang terjadi, maka harga emas pada resistan bisa menjadi titik untuk dilihat dimana akan terjadi penghitungan ulang harga yang klasik dengan ekspektasi pasar terpaksa menghadapi realitasnya yang berlawanan.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here