Harga Minyak Mentah Merosot 1 Persen Tergerus Peningkatan Produksi OPEC

678

Harga minyak mentah turun lebih dari 1 persen pada akhir perdagangan Kamis dinihari setelah OPEC melaporkan produksi minyak September mencapai tertinggi delapan tahun, memudarkan optimisme atas janji kelompok itu untuk mengendalikan kekenyangan minyak mentah global.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) berakhir turun 61 sen, atau 1,2 persen, ke $ 50,18 per barel.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent turun 56 sen, atau 1,1 persen, pada $ 51,85 per barel.

Laporan bulanan terbaru OPEC yang dikeluarkan pada hari Rabu, menunjukkan peningkatan produksi minyak pada bulan September ke level tertinggi dalam setidaknya delapan tahun dan kenaikan perkiraan 2017 untuk pertumbuhan pasokan non-OPEC.

Kelompok ini menghasilkan 33.390.000 barel per hari (bph) bulan lalu, naik 220.000 bph dari Agustus, dan sebanyak 890.000 barel per hari di atas target pasokan baru.

Kenaikan indeks dollar AS ke puncak tujuh bulan juga melemahkan permintaan untuk minyak mentah berdenominasi dollar di antara pemegang euro dan mata uang lainnya, kata para pedagang.

Para pejabat dari beberapa terbesar perusahaan perdagangan minyak dunia mengatakan kepada Reuters pada Commodities Summit di London bahwa tidak mungkin minyak mentah mencapai keseimbangan supply-demand hingga memasuki 2017.

“Saya tidak berpikir mereka (OPEC) dapat melakukan pemotongan substansial. Ada terlalu banyak faktor yang tidak pasti yang terlibat,” kata Gunvor Group Chief Executive Officer Torbjorn Tornqvist, menambahkan bahwa kenaikan produksi Nigeria dan Libya sudah cukup untuk “menghapus kesepakatan lainnya yang telah disepakati. “

Marco Dunand, CEO Mercuria Energy Group Ltd, mengatakan harga bisa jatuh ke $ 40-an rendah jika OPEC gagal menyepakati pemotongan pada pertemuan November.

Keraguan juga terhadap niat pemasok utama seperti Arab Saudi dan Iran dan efektivitas kesepakatan apapun dalam mengekang output dari rekor tertinggi.

Prospek negara dari OPEC dan non-anggota OPEC seperti Rusia untuk membatasi produksi akan mendukung harga di atas $ 50, pelaku pasar mengatakan sejak kesepakatan awal terpana pada akhir bulan lalu.

Pejabat pemerintah dari produsen minyak utama, termasuk Rusia, bertemu di Istanbul pekan ini untuk mencoba untuk menyelesaikan rincian lebih lanjut dari pengurangan produksi menjelang pertemuan resmi OPEC pada bulan November.

Namun, analis memperingatkan bahwa kesepakatan mungkin jatuh terutama karena partisipasi Rusia tetap tidak pasti, seperti memerlukan produsen minyak negara Rusia Rosneft untuk mengekang saat ini program pengeboran, yang bertentangan dengan kepentingan pemegang saham swasta.

Setelah penutupan perdagangan dinihari tadi, American Petroleum Institute (API) melaporkan kenaikan persediaan mingguan minyak mentah AS dari 2.7 juta barel. Sebelumnya API melaporkan penarikan 7.6 juta minggu sebelumnya dan harapan peningkatan kecil di data terbaru.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah selanjutnya berpotensi lemah dengan kekuatiran kekenyangan global setelah laporan peningkatan produksi OPEC dan laporan API untuk peningkatan persediaan AS. Harga minyak mentah diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 49,70-$ 49,20, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 50,70-$ 51,20.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here