Harga Minyak Mentah Jatuh 1 Persen di Sesi Asia

466

Harga minyak mentah jatuh pada hari Kamis (13/10) di sesi Asia, tertekan peningkatan produksi OPEC dan peningkatan persediaan minyak mentah AS.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) turun 54 sen, atau 1,08 persen, pada $ 49,64 per barel.

Harga minyak mentah berjangka patokan Internasional Brent diperdagangkan pada $ 51,37 per barel pada 0256 GMT, turun 44 sen, atau 0,85 persen, dari penutupan sebelumnya.

Para pedagang mengatakan pasar minyak di bawah tekanan setelah Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) melaporkan kenaikan produksi, meskipun kelompok produsen memiliki rencana, bekerjasama dengan produser non-OPEC Rusia, untuk memangkas produksi dalam upaya untuk mengendalikan kelebihan pasokan global.

OPEC pada Rabu melaporkan produksi minyak naik pada bulan September ke level tertinggi dalam setidaknya delapan tahun dan menaikkan perkiraan 2017 untuk pertumbuhan pasokan non-OPEC, menunjuk ke surplus yang lebih besar tahun depan meskipun kesepakatan kelompok untuk memangkas produksi.

Produsen memproduksi 33.390.000 barel per hari (bph) bulan lalu, menurut angka OPEC dari sumber sekunder, naik 220.000 bph dari Agustus.

Sementara itu, American Petroleum Institute (API), sebuah kelompok perdagangan, melaporkan pada hari Rabu bahwa persediaan minyak mentah AS naik 2,7 juta barel menjadi 470.900.000 barel dalam pekan sampai 7 Oktober ini yang akan menjadi kenaikan pertama dalam persediaan minyak setelah lima minggu berturut-turut menurun.

“Konsumsi bensin musiman lebih rendah, permintaan lesu dari Tiongkok dan kembalinya kilang dari pemeliharaan kemungkinan akan menaikkan tingkat persediaan global pada Q4,” kata BMI Research dalam sebuah catatan, tetapi menambahkan bahwa tidak melihat persediaan kembali ke 2015 tertinggi.

Para pedagang mengatakan dolar yang kuat, yang melayang dekat level tertinggi tujuh bulan pada hari Kamis pada prospek diperkuat untuk kenaikan suku bunga AS Desember, juga membebani minyak mentah berjangka.

Dolar yang lebih kuat membuat lebih mahal bagi negara-negara yang menggunakan mata uang lainnya dalam negeri untuk mengimpor minyak diperdagangkan dalam dolar, berpotensi menekan permintaan.

Malam nanti akan dirilis data persediaan minyak mentah mingguan AS oleh EIA, yang diindikasikan meningkat. Jika terealisir akan kembali menekan harga minyak.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah selanjutnya berpotensi lemah dengan kekuatiran kekenyangan global setelah laporan peningkatan produksi OPEC dan laporan API untuk peningkatan persediaan AS. Juga jika malam nanti terealisir laporan EIA untuk peningkatan persediaan minyak mentah mingguan AS, akan semakin menekan harga minyakmentah. Harga minyak mentah diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 49,10-$ 48,60, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 50,10-$ 50,60.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here