Outlook PDB Tiongkok Dinaikkan IMF Perkuat Rally AUDUSD

969

Anjloknya harga minyak mentah dunia hingga perdagangan sesi Eropa hari Rabu (14/6) tidak menghalangi kuatnya laju kurs aussie dalam pair AUDUSD mencapai puncak tertinggi dalam hampir 2 bulan (7 pekan). Aussie yang bergerak kuat pada sesi Asia oleh rilis data produksi industri dan retail sales Tiongkok, bertambah kuat setelah pengumuman IMF.

IMF umumkan menaikkan outlook pertumbuhan PDB Tiongkok tahun 2017 dari posisi 6,6% menjadi 6,7%. Sentimen positif ini lebih kuat menambah tenaga rally AUDUSD dari pada posisi harga minyak mentah yang anjlok sejak perdagangan sebelumnya. Sentimen ini juga diperkirakan mampu menahan gelombang harapan kenaikan Fed rate yang sedang meninggikan dollar AS saat ini.

Pergerakan kurs aussie  sesi Eropa (17:35:46 WIB)  bergerak sangat kuat terhadap dollar AS,  setelah  dibuka  flat pada  0.7535  awal  perdagangan sesi Asia (07.00 WIB),  kurs  aussie kini bergulir naik pada posisi 0.7576.

Untuk pergerakan selanjutnya secara teknikal pair AUDUSD masih mendapat sinyal positif untuk pertahankan rallynya. Sekalipun posisi dollar AS kini bergerak kuat menantikan hasil pertemuan Fed esok dini hari, pair AUDUSD masih mempunyai simpanan kekuatan yang cukup besar.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here