Bursa Wall Street Akhir Pekan dan Mingguan Mixed; Nasdaq Mingguan Tertekan Saham Teknologi

696
wall street

Bursa Saham AS berakhir mixed pada akhir perdagangan Sabtu dinihari (17/06), terpicu gejolak perusahaan ritel dan grosir besar, serta pelemahan data ekonomi AS.

S & P 500 berakhir sedikit lebih tinggi pada minggu ini pada akhir pekan menyusul kesepakatan yang memicu aksi jual di antara perusahaan ritel dan perusahaan grosir besar.

Amazon mengumumkan bahwa mereka membeli Whole Foods seharga $ 13,7 miliar atau $ 42 per saham, mengirim saham mereka naik masing-masing sebesar 2,4 persen dan 29 persen.

Pada gilirannya, saham Kroger, Costco, Target, SuperValu, Sprouts Farmers Markets dan komponen Dow Wal-Mart semuanya turun tajam menyusul berita tersebut.

Analis mengatakan bahwa kesepakatan tersebut dapat menandai gangguan jangka panjang dari bisnis grosir oleh Amazon, karena perusahaan lebih memanfaatkan infrastruktur teknologinya, logistik dan pemenuhannya.

Sektor consumer staples turun 1 persen, membatasi kenaikan S & P, yang ditutup datar untuk sesi ini.

Indeks Dow Jones berhasil menutup rekor tertinggi mengabaikan penurunan 4,6 persen Wal-Mart. Indeks 30-saham ini juga membukukan empat kenaikan mingguan berturut-turut.

Investor juga melakukan aksi jual karena data ekonomi yang lebih lemah dari perkiraan pada hari Jumat, karena data awal perumahan dan sentimen konsumen sama-sama di bawah ekspektasi.

Data perumahan awal dan sentimen konsumen merupakan data terakhir yang mengecewakan investor dan ekonom. Awal pekan ini, Departemen Tenaga Kerja mengatakan indeks harga konsumen – ukuran kunci inflasi – turun 0,1 persen bulan lalu. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan kenaikan 0,2 persen.

Sementara itu, Departemen Perdagangan mengatakan pada hari Rabu bahwa penjualan ritel turun 0,3 persen di bulan Mei, menandai penurunan satu bulan terbesar sejak Januari tahun lalu. Penurunan tiba-tiba membingungkan para ekonom, yang memperkirakan kenaikan 0,1 persen.

Secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi A.S. melambat pada kuartal pertama, dengan PDB meningkat pada tingkat tahunan 1,2 persen. PDB tumbuh 2,1 persen pada kuartal terakhir tahun 2016.

Kekhawatiran mengenai data ekonomi yang mengecewakan tersebut datang dengan latar belakang kebijakan moneter hawkish dari Federal Reserve. Pada hari Rabu, bank sentral A.S. menaikkan suku bunga untuk kedua kalinya tahun ini dan juga menyusun sebuah rencana untuk melepas neraca $ 4.5 triliun.

Namun, tiga indeks utama berakhir mixed untuk minggu ini, dengan S & P dan Dow mencatat kenaikan mingguan dan Nasdaq jatuh sedikit. Nasdaq merosot minggu ini seiring pelemahan sektor teknologi.

Dana bursa juga ditarik keluar $ 24,6 miliar minggu lalu, yang paling banyak sejak Presiden Donald Trump memenangkan pemilihan pada bulan November.

Indeks Dow Jones naik 24 poin atau 0,11 persen menjadi ditutup pada 21.384,28, dengan saham Chevron memimpin kenaikan dan saham Wal-Mart sebagai pecundang terbesar.

Indeks S & P 500 naik 0,69 poin atau 0,03 persen, berakhir pada 2.433,15, dengan energi memimpin lima sektor lebih tinggi dan sektor staples konsumen tertinggal.

Indeks Nasdaq menarik kembali 13,74 poin atau 0,22 persen menjadi ditutup pada 6.153,76.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street selanjutnya akan mencermati pergerakan minyak mentah, mengingat tidak ada data ekonomi utama hari ini. Jika penurunan harga minyak mentah berlanjut, akan menekan bursa Wall Street.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here