Bursa Shanghai 3 Juli Berakhir Positif; Kekhawatiran Perlambatan Ekonomi Membayangi

769

Perdagangan saham pada hari Senin (03/06) ditutup naik, karena investor berhati-hati pada awal musim laporan pendapatan pertengahan tahun di tengah kekhawatiran perlambatan ekonomi pada paruh kedua dan pengetatan moneter.

Indeks Shanghai menambahkan 2,36 poin, atau 0,07 persen, pada level 3194,79.

Pasar tanggal 29 Juni, 1210 perusahaan saham-A Tiongkok telah mengeluarkan panduan untuk hasil sementara untuk tahun 2017, dan 72 persen dari perusahaan melihat pertumbuhan pendapatan.

Pertumbuhan yang sangat kuat terlihat pada sektor-sektor seperti logam, elektronik, properti, manufaktur dan bahan kimia.

Bulan Juni akan menjadi bulan penting untuk dipantau karena pinjaman yang cukup besar yang dilakukan di bawah fasilitas pinjaman jangka menengah bank sentral (MLF) akan jatuh tempo bulan ini.

Perdagangan saham sesi ini terpantau mixed. Saham konsumen dan kesehatan terseret, sementara saham komoditas naik didukung kenaikan harga bahan baku yang dipicu oleh pelemahan dolar baru-baru ini.

Malam nanti akan dirilis data ISM Manufacturing PMI Juni AS yang diindikasikan menguat. Jika terealisir akan menguatkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Shanghai akan bergerak lemah jika dollar AS menguat dan menekan mata uang Yuan.

Evi/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here