Bursa Eropa Bergerak Mixed; Pasar Mengamati Pertemuan Trump-Macron

1123

Pasar saham Eropa bergerak mixed pada hari Jumat karena investor mencerna laporan pendapatan dari bank-bank di Wall Street dan memantau perkembangan pertemuan antara presiden Prancis dan A.S..

Indeks FTSE bergerak pada 7403.64, turun -9.80 poin atau -0.13%

Indeks DAX bergerak pada 12641.73, naik 0,40 poin atau 0%

Indeks CAC bergerak pada 5234.92, turun -0.48 poin atau -0.01%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 10632.70, turun -25.60 poin atau -0.24%

Indeks Pan-European Stoxx 600 datar dengan sebagian besar sektor bergerak ke wilayah positif. Sumber daya dasar termasuk di antara para top gainers pada transaksi sore hari.

Saham konstruksi dan material turun paling banyak pada pendapatan dengan kelompok konstruksi Swedia Skanska di antara mereka yang berada di dasar patokan Eropa. Ini bergerak turun hampir 7 persen setelah mengumumkan akan menurunkan nilai proyek di A.S. dan Inggris, mencapai keuntungan kuartal kedua.

Perusahaan asuransi Norwegia Gjensidige adalah pemain terburuk di benchmark Eropa, turun 7 persen, setelah melaporkan pendapatan kuartal kedua yang berada di bawah perkiraan.

Perusahaan perawatan kesehatan AstraZeneca melanjutkan kejatuhannya pada hari Jumat setelah mencatat kerugian pada hari Kamis karena ketidakpastian mengenai CEO-nya. Beberapa laporan media menunjukkan bahwa dia bisa meninggalkan perusahaan dan bergabung dengan pembuat obat lain.

Jumat juga menandai dimulainya musim pendapatan A.S.. Investor telah mencerna angka dari bank-bank besar, termasuk Citigroup, JPMorgan Chase dan Wells Fargo. Sektor perbankan di Eropa turun 1 persen pada hari Jumat sore.

Sementara itu, Bank Sentral Eropa tampaknya sangat ingin mempertahankan program pembelian asetnya yang dibuka, tiga sumber mengatakan kepada Reuters, daripada memberi tanggal pasti kapan pembelian obligasi akan berhenti.

EasyJet telah mengumumkan bahwa mereka sedang mempersiapkan easyJet Eropa di Austria untuk melindungi hak terbangnya setelah Inggris meninggalkan Uni Eropa. Sahamnya sedikit lebih rendah.

Dalam berita saham lainnya, Sky turun pada hari Jumat setelah berita bahwa Rupert Murdoch tidak mungkin menawarkan konsesi baru untuk memastikan kebebasan editorial perusahaan media saat mencoba menggabungkannya dengan Fox.

Sementara itu, peritel Inggris Dixons Carphone mengatakan bahwa pihaknya menjual bisnis Spanyol dengan harga 55 juta euro ($ 62,77 juta). Namun sahamnya turun 1,7 persen.

Hays, perekrut terbesar Inggris dengan kapitalisasi pasar, mengumumkan bahwa pihaknya melihat keuntungan mengalahkan ekspektasi pasar pada 2017, meskipun mengalami penurunan fee sebesar 5 persen. Sahamnya naik sebesar 2,3 persen.

Macron dan Trump merayakan hari Bastille pada hari Jumat, dalam sebuah pertemuan yang diharapkan akan mengatur ulang hubungan antara kedua pemimpin tersebut setelah mereka memulai awal yang dingin awal tahun ini. Dalam sebuah konferensi pers bersama pada hari Kamis, Trump mengisyaratkan bahwa “sesuatu bisa terjadi” untuk mengubah keputusannya pada bulan Juni untuk menarik AS dari kesepakatan iklim Paris. Trump juga mengatakan bahwa dia dan Macron telah membahas peningkatan kerjasama keamanan.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here