Harga Emas Tertekan Kekuatan Dolar AS; Mingguan Masih Naik 1 Persen

676

(Vibiznews – Commodity) Harga Emas turun pada akhir pekan Sabtu dinihari (06/01) tertekan penguatan dolar AS, mendorong para pedagang untuk mendapatkan keuntungan dari kenaikan logam tersebut ke level tertinggi 3-1 / 2 bulan minggu ini.

Harga emas spot LLG turun 0,44 persen pada $ 1,317.84 per ons, di atas level tertinggi Kamis di $ 1,325.86.

Harga emas berjangka A.S. untuk pengiriman Februari datar di $ 1,321.50.

Namun, logam mulia tetap di jalur untuk mendapatkan keuntungan mingguan keempat berturut-turut, untuk pertama kalinya sejak April. Emas telah meningkat hampir 1 persen pada minggu perdagangan pertama tahun ini, setelah naik sebesar 13 persen pada 2017.

Dolar AS meningkat mengabaikan data pertumbuhan pekerjaan A.S. melambat lebih dari yang diperkirakan bulan lalu. Sebuah kenaikan dalam kenaikan upah bulanan menunjukkan kekuatan pasar tenaga kerja yang dapat membuka jalan bagi Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga di bulan Maret.

Pedagang secara keseluruhan terjebak pada keyakinan mereka bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga dua kali tahun ini, sebuah analisis Reuters mengenai kontrak berjangka yang diperdagangkan di CME Group menyarankan.

Di tempat lain, permintaan emas fisik di Asia tetap terkendali minggu ini karena harga rally, membuat pembeli ritel menjauh dari pasar. Di konsumen teratas Tiongkok, premi turun menjadi $ 6- $ 7 per ons dari sekitar $ 10 minggu lalu.

Di antara logam mulia lainnya, paladium turun 0,96 persen pada $ 1,085.72, juga mundur setelah mencapai rekor tertinggi di $ 1,105.70 pada hari Kamis.

Paladium adalah pemain terbaik di antara logam mulia utama tahun lalu, meningkat 56 persen karena kekhawatiran bahwa meningkatnya permintaan untuk logam autokatalis akan semakin memperketat pasar setelah bertahun-tahun mengalami defisit.

Perak spot terombang-ambing sekitar $ 17,23 setelah menyentuh titik tertingginya dalam lebih dari enam minggu di $ 17,27 pada sesi sebelumnya.

Platinum spot 0,99 persen lebih tinggi pada $ 969,20 per ons. Ini mencapai puncak 3,5 bulan di $ 965.40 pada hari Kamis.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas bergerak lemah jika penguatan dolar AS berlanjut. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 1,316-$ 1,314, namun jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,320-$ 1,322.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here