Harga Minyak Mentah Merosot 1 Persen Terganjal Sentimen Bearish

803

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah turun dalam perdagangan volatile pada akhir perdagangan Jumat dinihari (09/02), dengan minyak mentah Brent mencapai titik terendah dalam hampir tujuh minggu, setelah data menunjukkan produksi minyak mentah A.S. telah mencapai rekor tertinggi dan pipa minyak mentah terbesar Laut Utara dibuka kembali setelah terjadi penutupan.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS berakhir turun 64 sen atau 1 persen, pada $ 61,15 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 72 sen atau 1,1 persen menjadi $ 64,79 per barel pada pukul 2:28 sore. ET, setelah mencapai terendah 2018 di $ 64,42.

Kedua tolok ukur meluncur untuk hari kelima berturut-turut, penurunan terpanjang untuk Brent sejak November 2017 dan untuk WTI sejak April 2017.

Brent berjangka telah kehilangan sekitar 8 persen sejak mencapai tertinggi tiga tahun di atas $ 71 pada akhir Januari.

Administrasi Informasi Energi A.S. pada hari Rabu mengatakan produksi minyak mentah pekan lalu naik ke rekor tertinggi 10,25 juta barel per hari (bpd). Pada tingkat itu, produksi A.S. akan menyalip produksi saat ini di Arab Saudi, produsen terbesar di Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak.

Persediaan minyak mentah A.S. naik 1,9 juta barel dalam minggu sampai 2 Februari menjadi 420,25 juta barel, kata EIA.

Harga minyak juga menyusut dengan memulai kembali jaringan pipa Forties di Laut Utara, setelah terjadi penutupan pada hari sebelumnya yang telah mengirim harga lebih tinggi saat diumumkan.

Pipa tersebut, yang membawa sekitar seperempat dari seluruh produksi minyak mentah Laut Utara dan sekitar sepertiga dari produksi gas alam lepas pantai Inggris, ditutup pada hari Rabu untuk kedua kalinya dalam dua bulan setelah penutupan katup di sebuah fasilitas di Skotlandia.

EIA menaikkan perkiraan rata-rata produksi 2018 minggu ini menjadi 10,59 juta barel per hari (bpd), naik 320.000 bpd dari perkiraan minggu sebelumnya.

Sementara itu, konsumsi minyak Tiongkok meningkat, seperti yang tercermin dari lonjakan ke rekor 9,57 juta barel per hari pada impor pada Januari, menurut data bea cukai Tiongkok.

Dolar yang lebih kuat, di jalur kenaikan mingguan terbesar sejak November 2016, juga menambahkan tekanan dengan membuatnya lebih menguntungkan bagi pemegang mata uang lainnya untuk menjual aset berdenominasi dolar seperti minyak.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi turun tertekan sentimen bearish peningkatan pasokan mingguan AS, pembukaan jalur minyak Laut Utara dan menguatnya dolar AS. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 60,70-$ 60,20, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 61,70-$ 62,20.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here