Bursa Wall Street Akhir Pekan Mixed; Mingguan Merosot

892

(Vibiznews – Index) Bursa Saham A.S. berakhir mixed pada perdagangan akhir pekan Sabtu dinihari (03/03) dibantu oleh peningkatan tajam dalam saham perawatan kesehatan.

Indeks S & P 500 berakhir 0,5 persen lebih tinggi pada 2.691,25 setelah jatuh lebih dari 1 persen. Sektor perawatan kesehatan adalah sektor dengan kinerja terbaik, memperoleh 1 persen. Saham Layanan Kesehatan Universal dan Perrigo termasuk di antara yang terbaik dalam indeks.

Indeks Komposit Nasdaq naik 1,1 persen menjadi 7.257,87 saat iShares Nasdaq Biotechnology ETF (IBB) menguat 2,4 persen. Pada titik terendahnya, Nasdaq turun sebanyak 1,3 persen.

Indeks Dow Jones ditutup turun 70,92 poin pada level 24,538.06 setelah turun sebanyak 391 poin. Johnson & Johnson dan Merck termasuk di antara salah satu saham dengan kinerja terbaik dalam indeks, masing-masing naik 1,2 persen.

Namun, meski melakukan trading dari posisi terendah, rata-rata harga saham tersebut mencatat kerugian mingguan untuk pertama kalinya dalam tiga minggu. Untuk minggu ini, Dow, S & P 500 dan Nasdaq masing-masing turun 3,1 persen, 2 persen dan 1,1 persen.

Saham yang diperdagangkan turun tajam di awal sesi karena kekhawatiran bahwa Presiden Donald Trump mengumumkan tarif impor baja dan aluminium bisa memicu perang dagang. Perusahaan yang berorientasi domestik di industri seperti perawatan kesehatan adalah yang paling tidak terpengaruh oleh perang dagang.

Trump membuat pengumuman tersebut pada hari Kamis, dengan mengatakan bahwa A.S. akan menerapkan tarif 25 persen untuk impor baja dan tarif 10 persen untuk impor aluminium minggu depan. Kabar tersebut mengirim saham terguncang, dengan Dow turun 420 poin lebih rendah, sementara S & P 500 dan Nasdaq turun lebih dari 1 persen. Ini juga menimbulkan kekhawatiran bahwa negara lain dapat menerapkan tarif pembalasan untuk ekspor A.S.

Saham pengguna baja dan aluminium seperti General Motors dan Boeing turun 1 persen dan 1,4 persen pada hari Jumat, memperpanjang kerugian hari Kamis masing-masing 4 persen dan 3,5 persen. Harley-Davidson juga tergelincir 2 persen. Sementara itu, A.S. Steel turun 1,4 persen setelah membukukan kenaikan kuat di sesi sebelumnya.

Pengumuman tarif tersebut secara luas dikecam, termasuk oleh Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker, yang mengatakan bahwa “hanya dapat memperburuk masalah.” Akibatnya, pasar luar negeri turun tajam pada hari Jumat. Dax Jerman turun 2,3 persen, sementara indeks Stoxx 600 – yang melacak petak luas saham Eropa – mundur 2,1 persen.

Tapi Trump optimis dengan rencana tersebut seperti yang dicuitkan Trump dalam akun instagramnya @realDonaldTrump : Ketika sebuah negara (AS) kehilangan banyak miliar dolar untuk perdagangan dengan hampir setiap negara yang melakukan bisnis dengannya, perang dagang bagus, dan mudah untuk dimenangkan.

Dalam berita perusahaan, saham Foot Locker turun 12,7 persen setelah perusahaan tersebut melaporkan penurunan penjualan toko-toko yang lebih besar dari perkiraan pada kuartal sebelumnya. Penjualan toko sama Foot Locker turun 3,7 persen, sementara analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan penurunan sebesar 2,5 persen.

Sementara itu, saham J.C. Penney turun 5,4 persen setelah melaporkan pendapatan yang lebih lemah dari perkiraan dan penjualan toko yang sama.

Malam nanti akan dirilis data ISM Non Manufacturing PMI Februari AS yang diindikasikan melemah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan bergerak lemah jika data ISM Non Manufacturing terealisir negatif.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here