Harga Emas Turun pada Hari Senin, Dipicu Penguatan Indeks Dolar AS

764

(Vibiznews – Commodity) – Harga emas dan perak turun di New York pada penutupan transaksi awal minggu hari Senin kemarin. Terjadinya peralihan investasi ke pasar saham dan dolar  AS karena  rally kenaikan di pasar saham, dan penguatan indeks dolar AS.

Harga emas April di Comex turun $2.60 menjadi $1,320.80 perounce. Sedangkan harga perak Mei turun $0.041 menjadi $16.425 perounce.

Analisa fundamental yang memicu pasar pada hari Senin kekhawatiran  akan terjadinya perang dunia perdagangan akibat dari pidato Presiden Trump pada minggu lalu mengenai bea masuk untuk baja dan aluminium. Pidato inilah  masih menjadi pemicu untuk pasar saham rally di awal minggu.

Pemilu di Italia hari minggu yang masih belum jelas siapa pemenangnya membuat kebingungan di pasar investasi. Italia sebagai Negara terbesar ke tiga di Uni Eropa, biasanya akan menjadi penggerak pasar,  tapi berita ini tidak membuat terjadinya pergerakan pasar yang berarti pada hari Senin kemarin.

Harga minyak mentah di NYMEX pada hari Senin mengalami kenaikan dan diperdagangkan di sekitar $62 per barel. Apabila pasar minyak mentah bisa stabil dan mengalami tren naik  akan sangat mendukung kenaikan dari emas dan perak, sebab minyak mentah menjadi pemimpin dalam pergerakan harga di pasar komoditas.

Analisa tehnikal, harga emas April ditutup mendekati harga terendah hari ini dengan resistant pertama pada tertinggi hari Senin di $1,328.90 dan berikut ke $1,335.00 sedangkan support di $1,315.00 dan berikut ke $1,309.

Harga perak juga ditutup di harga terendah hari Senin grafik harga perak  menunjukan  terjadinya tren bearish, harga perak berada di downtrend selama enam minggu, dengan resistant pertama di tertinggi hari ini di $16.62 dan berikut ke $16.785 sedangkan support pertama di $16.37 dan berikut ke $16.16.

Harga tembaga di New York naik 50 point menjadi 312.95 sen. Harga tembaga ditutup mendekati harga tertinggi hari Senin, harga tembaga ini bergerak karena investor mengambil keuntungan secara tehnikal, walaupun grafik harga tembaga  masih menunjukkan kecendrungan turun. Resistant pertama pada 314.75 sen dan berikut ke 318.60 sen. Support pertama di terendah 309.55 sen dan berikut ke 307.50 sen.

Loni T / Analyst Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Loni

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here