Indeks STOXX 600-Eropa Naik, Tekanan Dari Italia Melemah

554

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa naik pada Senin karena meredanya kekhawatiran perang perdagangan yang mengangkat dolar, mendukung eksportir, sementara tekanan jual pada saham Italia melemah setelah seminggu yang menyakitkan, karena pasar menunggu perkembangan dalam penciptaan pemerintahan baru.

Indeks STOXX 600-Eropa pan naik 0,4 persen pada 09:14 GMT, melayang dekat level tertinggi dalam lebih dari 3 bulan, sedangkan FTSE 100 mencapai rekor tinggi baru.

Dolar mencapai level tertinggi baru lima bulan karena setelah Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin menyatakan perang perdagangan AS – China “tertunda” menyusul persetujuan mereka untuk menangguhkan ancaman tarif.

Sementara aktivitas berkurang dengan penutupan beberapa pasar, termasuk Jerman, untuk Whit Monday.

Saham bank BPER Banca dan UBI dan produsen mobil Fiat Chrysler adalah top gainers pada indeks acuan FTSE MIB, sementara hanya produsen obat Recordati yang diperdagangkan di wilayah negatif .

Indeks acuan FTSE Italia mengalami kerugian terbesar satu minggu sejak awal Maret pada Jumat lalu karena kekhawatiran bahwa pemerintah baru dapat melonggarkan disiplin fiskal.

Di tempat lain, harga saham Ryanair anjlok sebanyak 3,1 persen pada pembukaan pasar. Maskapai penerbangan Irlandia ini melaporkan laba tahunan yang mencapai rekor tetapi dengan peringatan keuntungan akan turun kembali di tahun mendatang karena biaya yang lebih tinggi dan tidak ada pertumbuhan tarif.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here