Harga Emas Merosot Pekan Lalu; Prospek Kenaikan Suku Bunga AS dan Meredanya Ketegangan Politik Menekan

1401

(Vibiznews – Commodity) Harga Emas jatuh pada akhir pekan setelah data Non Farm Payrolls AS yang lebih kuat dari perkiraan mendorong ekspektasi bahwa Federal Reserve akan terus maju dengan kenaikan suku bunga AS bulan ini, dan mengangkat dolar AS.

Logam mulia ini sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga, yang meningkatkan biaya untuk memegang emas yang tidak menghasilkan, sementara meningkatkan dolar AS.

Harga emas spot LLG turun 0,34 persen pada $ 1,293.51, sebelumnya memuncak di atas $ 1.300.

Harga emas berjangka AS untuk pengiriman Agustus ditutup turun $ 5,40 pada $ 1,299.3.

Harga emas spot LLG siap untuk menutup minggu ini sekitar 0,5 persen lebih rendah.

Dolar AS naik terhadap euro dan imbal hasil Treasury mencapai tertinggi sesi setelah laporan non farm payrolls menunjukkan ekonomi AS menambahkan 223.000 pekerjaan bulan lalu, jauh di atas ekspektasi untuk 188.000 pekerjaan.

Upah naik dengan kuat, memperkuat ekspektasi bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga bulan ini.

Sementara Euro gagal mempertahankan kenaikan yang dibuat sebelumnya terhadap dolar setelah akhir yang jelas dari krisis politik di Italia yang mengguncang pasar minggu ini, saham dunia tetap positif karena para investor menyambut baik kesepakatan Italia.

Namun, investor tetap cemas atas hubungan perdagangan antara Amerika Serikat dan mitra dagangnya, yang diperdalam pada Kamis setelah AS melanjutkan dengan tarif impor aluminium dan baja.

Spot perak meningkat 0,34 persen pada $ 16,41, tetapi menuju penurunan mingguan 0,5 persen. Platinum naik 0,29 persen pada $ 904,10, sebelumnya mencapai $ 1,005.40, tertinggi 10 hari dan menuju kenaikan mingguan 0,4 persen. Palladium naik 1,6 persen pada $ 1.000,80, siap untuk kenaikan 2,3 persen pada minggu ini.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas masih berpotensi lemah minggu ini dengan kekuatiran kenaikan suku bunga AS yang semakin menguat pasca mantapnya data tenaga kerja AS yang mendorong kenaikan dolar AS. Sedangkan dengan meredanya ketegangan politik Italia dan Spanyol juga menurunkan potensi investasi emas. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 1,290-$ 1,287, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,293-$ 1,296.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here