Greenback Menguat Dekati Tertinggi Enam Bulan

579

(Vibiznews – Forex) – Dolar menguat secara luas pada hari Senin dan mendekati level tertinggi enam bulan terhadap yen karena investor membeli aset berisiko, didorong oleh tanda-tanda bahwa ketegangan perdagangan belum melukai momentum ekonomi.

Ketika musim laba perusahaan kuartal kedua dimulai, para investor tampaknya mengabaikan konflik perdagangan yang semakin mendalam antara Amerika Serikat dan China.

Alih-alih fokusnya adalah pada data ekonomi yang layak, termasuk angka pekerjaan AS yang menguntungkan dan peningkatan yang sehat dalam ekspor Jerman, yang telah mendorong dolar dan euro lebih tinggi.

Federal Reserve diperkirakan akan menaikkan suku bunga AS dua kali lebih banyak dalam tahun ini pada saat bank-bank sentral utama menahan diri dari pengetatan moneter.

Greenback bisa menikmati dorongan lebih lanjut jika angka inflasi harga konsumen AS melampaui ekspektasi ketika dipublikasikan pada Kamis.

Sebuah appetite yang luas untuk risiko di pasar mata uang pada Selasa mengangkat dolar terhadap yen Jepang, mata uang ini biasanya dibeli pada saat ketidakpastian politik. Mata uang dolar naik 0,5 persen pada 111,35 yen, mendekati tertinggi enam bulan.

Di tempat lain, pound Inggris pulih dari beberapa kerugian yang dideritanya setelah dua menteri berhenti berkaitan dengan rencana Brexit pemerintah.

Harapan bahwa Theresa Mei akan bertahan sebagai Perdana Menteri untuk memulai negosiasi cetak biru nya dengan singkat terhadap Uni Eropa mendorong sterling ke wilayah positif pada Selasa, meskipun data produk domestik bruto sejalan dengan perkiraan dan dolar yang lebih kuat membebani mata uang.

Pound telah anjlok lebih dari satu sen pada hari Senin, berada di bawah $ 1,32 di tengah spekulasi bahwa Inggris turun ke dalam kekacauan politik dalam kurang dari sembilan bulan sebelum sebelum negara ini mengambil keputusan untuk keluar dari Uni Eropa di bulan Maret 2019.

Pasar masih mengharapkan Bank of England untuk menaikkan suku bunga pada pertemuan kebijakan berikutnya pada 2 Agustus, tetapi analis memperingatkan bahwa krisis politik besar-besaran bisa melompati harapan tersebut.

Pound menguat terhadap euro menjadi 88,28 sen, setelah mencapai terendah empat bulan dari 89,025 pence per euro pada hari Senin.

Di tempat lain, pasar mata uang secara luas bergerak positif karena investor tampak mengabaikan kekhawatiran tentang ketegangan perdagangan antara AS dan China.

Indeks dolar terhadap sekeranjang enam mata uang utama naik 0,3 persen pada 94,344 setelah jatuh pada Senin ke 93,711, terendah sejak pertengahan Juni.

Yuan naik 0,3 persen di pasar luar negeri menjadi 6,6404 terhadap dolar, lebih jauh dari posisi terendah yang dicapai pada bulan Juni di penurunan bulanan terbesar yang pernah terjadi.

Yuan menguat pekan lalu di belakang koreksi titik tengah kuat dan setelah data menunjukkan cadangan devisa China naik pada bulan Juni.

Lira Turki mengalami sedikit kerugian di hari Senin, diperdagangkan 0,2 persen lebih tinggi pada $ 4,6890. Mata uang ini sempat berada di posisi terendah yaitu di $ 4,7506 setelah Presiden Tayyip Erdogan mengangkat menantu laki-lakinya sebagai menteri Keuangan dan Perdagangan pada hari Senin.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here