Harga Minyak Melonjak Pasca Penutupan Produksi di Teluk Meksiko

961

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah naik tajam pada hari Selasa sore setelah evakuasi dua platform minyak Teluk Meksiko dalam persiapan untuk badai.

Harga minyak mentah berjangka AS naik $ 1,60 per barel dari penutupan Jumat ke puncak $ 71,40, tertinggi sejak pertengahan Juli, sebelum sedikit mereda menjadi sekitar $ 71,11. Pasar AS ditutup pada hari Senin untuk Hari Buruh.

Harga minyak mentah berjangka Brent, yang diperdagangkan pada hari Senin, naik $ 1,41 ke $ 79,26 per barel.

Anadarko Petroleum Corp mengatakan pada hari Senin bahwa mereka telah mengevakuasi dan menutup produksi di dua anjungan minyak di Teluk Meksiko menjelang pendekatan Gordon, yang diperkirakan akan datang ke daratan sebagai badai.

Pasar minyak global telah diperketat selama sebulan terakhir, mendorong harga Brent lebih dari 10 persen sejak pertengahan Agustus. Investor mengantisipasi berkurangnya pasokan dari Iran karena sanksi AS terhadap Teheran mulai menggigit.

Bank Barclays mengatakan pada hari Selasa pasar minyak telah berubah sejak 2017, ketika kekhawatiran tentang meningkatnya pasokan lebih jelas.

Analis juga mengatakan kerugian ekspor minyak mentah dari Iran karena sanksi AS, penurunan produksi di Venezuela dan pemadaman di Libya tidak mungkin diimbangi sepenuhnya oleh kenaikan yang sesuai dalam produksi OPEC.

Sementara sanksi AS memaksa banyak perusahaan Barat untuk menghentikan perdagangan dengan Teheran, dua dari pelanggan terbesarnya mengatakan mereka akan terus membeli minyak mentah Iran.

India akan mengizinkan negara penyuling untuk mengimpor minyak Iran jika Teheran mengatur dan menjamin kapal tanker. Dan pembeli China mengalihkan sebagian besar impor minyak Iran mereka ke kapal milik National Iranian Tanker Co.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya harga minyak berpotensi naik dengan sentimen pengetatan pasokan. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 71,60-$ 72,10. Namun jika harga turun, akan bergerak dalam kisaran Support $ 70,60-$ 70,10.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here