Harga Minyak Stabil Terbantu Penurunan Pasokan Mingguan AS

1091

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak stabil pada hari Jumat sore (07/09) terbantu penurunan besar dalam persediaan minyak mentah AS ke level terendah sejak 2015. Namun kenaikan tertahan lebih jauh dengan adanya kenaikan pasokan produk minyak sulingan.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik 16 sen atau 0,24 persen menjadi $ 67,93 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 18 sen atau 0,24 persen menjadi $ 76,68 per barel.

Persediaan minyak mentah komersial AS turun 4,3 juta barel menjadi 401,49 juta barel dalam seminggu hingga 31 Agustus, terendah sejak Februari 2015, data Administrasi Informasi Energi AS (EIA) menunjukkan pada hari Kamis.

Tetapi sentimen tertekan karena peningkatan pasokan produk olahan ditambah dengan permintaan yang relatif lemah untuk bahan bakar selama musim mengemudi musim panas di musim panas ini – ketika konsumsi biasanya mencapai puncak.

Pasokan bensin naik 1,8 juta barel, sementara pasokan distilat, yang termasuk diesel dan minyak pemanas, naik 3,1 juta barel, kata EIA.

Di sisi suplai, produksi minyak mentah AS pekan lalu tetap pada rekor 11 juta barel per hari (bpd), tingkat yang sebagian besar sudah ada sejak Juli.

Di luar Amerika Serikat, sanksi AS terhadap produsen minyak utama Iran memicu ekspektasi pasar yang lebih ketat menjelang akhir tahun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya harga minyak berpotensi naik dengan menurunnya persediaan minyak mentah mingguan AS. Namun jika malam nanti dolar AS menguat, akan dapat menekan harga minyak. Harga minyak selanjutnya akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 68,40-$ 68,90. Namun jika harga turun, akan bergerak dalam kisaran Support $ 67,40-$ 66,90.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here