Harga Minyak Naik Terpicu Pengenaan Sanksi AS Terhadap Iran

708

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak naik pada Selasa malam (11/09) karena sanksi AS menekan ekspor minyak mentah Iran, memperketat pasokan global.

Harga minyak mentah berjangka AS naik 18 sen atau 0,27 persen pada $ 67,72.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 55 sen atau 0,71 persen pada $ 77,92 per barel.

Washington telah mengatakan kepada sekutu-sekutunya untuk mengurangi impor minyak Iran dan beberapa pembeli Asia, termasuk Korea Selatan, Jepang, dan India tampaknya jatuh dalam antrean.

Tetapi pemerintah AS tidak ingin mendorong harga minyak, yang dapat menekan kegiatan ekonomi atau bahkan memicu perlambatan pertumbuhan global.

Menteri Energi AS Rick Perry bertemu Menteri Energi Saudi, Khalid al-Falih, Senin di Washington, ketika pemerintahan Trump mendorong negara-negara penghasil minyak besar untuk mempertahankan produksi tinggi. Perry akan bertemu dengan Menteri Energi Rusia Alexander Novak pada hari Kamis di Moskow.

“Pasar … mengharapkan tekanan harga yang besar karena sanksi Iran alat tenun,” kata Stephen Innes, kepala perdagangan untuk Asia Pasifik di broker berjangka OANDA di Singapura.

Rusia, Amerika Serikat dan Arab Saudi adalah tiga produsen minyak terbesar di dunia sejauh ini, memenuhi sekitar sepertiga dari hampir 100 juta barel per hari (bpd) dari konsumsi minyak mentah harian.

Produksi gabungan mereka telah meningkat 3,8 juta bpd sejak September 2014, lebih dari hasil puncak yang telah dikelola Iran selama tiga tahun terakhir.

Menteri Energi Rusia Alexander Novak mengatakan pada hari Selasa bahwa Rusia dan sekelompok produsen di sekitar Timur Tengah yang mendominasi Organisasi Negara Pengekspor Minyak dapat menandatangani kesepakatan kerjasama jangka panjang baru pada awal Desember, kantor berita TASS melaporkan. Novak tidak memberikan rinciannya.

Sekelompok produsen OPEC dan non-OPEC telah secara sukarela menahan pasokan sejak Januari 2017 untuk memperketat pasar, tetapi dengan harga minyak mentah naik lebih dari 40 persen sejak saat itu dan pasar secara signifikan lebih ketat, ada tekanan pada produsen untuk meningkatkan produksi.

Dengan pasar minyak mentah Timur Tengah juga mengetat, banyak pengilang Asia mencari pasokan alternatif, dengan impor minyak mentah AS dan Jepang dari Korea Selatan dan Jepang mencapai rekor pada bulan September.

Produsen minyak AS mencari pembeli baru untuk minyak mentah yang mereka gunakan untuk dijual ke China sebelum pesanan melambat karena sengketa perdagangan antara Washington dan Beijing.

Ini adalah salah satu alasan bahwa diskon untuk minyak mentah AS versus Brent telah melebar menjadi sekitar $ 10 per barel, terbesar sejak Juni, kata para pedagang.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak berpotensi naik dengan sentimen sanksi AS terhadap Iran yang memicu pengetatan pasokan. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 68,20-$ 68,70, jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 67,20-$ 66,70.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here