Sanksi Atas Iran Goyangkan Pasar Minyak Mentah Dunia

492

(Vibiznews – Commodity) – Harga minyak pada hari Selasa berada dalam jangkauan tertinggi empat tahun yang dicapai pada sesi sebelumnya, setelah sanksi AS terhadap Iran dan keengganan Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) untuk meningkatkan output guna mendukung pasar.

Minyak mentah Brent berjangka LCOc1 berada di $ 81,45 per barel pada pukul 04:21 GMT, naik 25 sen, atau 0,3 persen, dan dekat dengan puncak intraday menyentuh hari sebelumnya di $ 81,48, level tertinggi sejak November 2014.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS CLc1 berada di $ 72,27 per barel, naik 19 sen, atau 0,3 persen dari posisi terakhir mereka.

Amerika Serikat mulai 4 November akan menargetkan untuk mengenakan sanksi terhadap ekspor minyak mentah Iran, dan Washington memberikan tekanan pada pemerintah dan perusahaan di seluruh dunia untuk membatasi dan memangkas pembelian dari Teheran.

OPEC adalah nama organisasi yang diberikan kepada kelompok produsen minyak, termasuk pemasok non-OPEC Rusia, yang setuju untuk mengurangi output mulai tahun 2017.

Sementara Inggris, China, Perancis, Jerman, Rusia dan Iran pada hari Selasa mengatakan mereka bertekad untuk mengembangkan mekanisme pembayaran untuk melanjutkan perdagangan meskipun ada sanksi oleh Amerika Serikat, sebagian besar analis memperkirakan tindakan Washington untuk memangkas antara 1 juta hingga 1,5 juta barel per hari ( bpd) pasokan minyak mentah dari pasar.

Presiden AS Donald Trump telah menuntut agar OPEC dan Rusia meningkatkan pasokan mereka untuk menutupi penurunan ekspor Iran. Iran adalah produsen terbesar ketiga di OPEC. OPEC dan Rusia, bagaimanapun, sejauh ini menolak himbauan AS ini.

Bank of America Merrill Lynch telah menaikkan perkiraan harga rata-rata Brent untuk 2019 dari $ 75 per barel menjadi $ 80, sementara itu perkiraan kenaikan harga minyak mentah WTI-nya sebesar $ 2 hingga $ 71 per barel.

Raksasa perdagangan komoditi Vitol mengatakan pada hari Selasa bahwa produsen non-OPEC, terutama Amerika Serikat, dapat memasukkan hingga 2 juta bpd minyak mentah baru ke pasar pada 2019.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner of Wealth Planning Services
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here