Harga Minyak Dunia Sesi Asia 4 Oktober Masih di Posisi Tertinggi 4 Tahun

635

(Vibiznews – Commodity) – Memulai perdagangan komoditas energy di sesi Asia pada hari Kamis (04/10) harga minyak mentah masih mengandung kekuatan harga perdagangan sebelumnya yang naik ke posisi harga tertinggi dalam 4 tahun. Namun harga di awal sesi masih berkisar di posisi harga penutupan.

Harga minyak menguat karena pasar fokus pada sanksi AS mendatang terhadap Iran yang  mengabaikan sentimen negatif laporan stok minyak mentah AS,Arab Saudi dan Rusia yang lebih tinggi.

EIA semalam melaporkan persediaan minyak mentah AS melonjak 8 juta barel pekan lalu, empat kali lipat dari ekspektasi  analis dan merupakan pasokan terbesar sejak Maret 2017. Selain itu  Menteri Energi Saudi, Khalid al-Falih mengatakan kerajaan itu telah meningkatkan produksi menjadi 10,7 juta barel per hari pada Oktober yang merupakan rekor tertinggi untuk produksi Saudi sejak November 2016.

Terpantau harga Patokan minyak mentah global Brent naik 1.29 sen atau 1,52 persen pada $85,94 per barel. Demikian juga harga minyak mentah WTI naik  sebesar 1,33% pada posisi  $76,08 per barel.

Untuk pergerakan harga selanjutnya analis Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak selanjutnya masih akan dipengaruhi oleh sentimen waktu sanksi AS terhadap Iran bulan depan. Biasanya tingginya pasokan minyak AS memberikan tekanan pada harga minyak mentah.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here