Bursa Eropa Ditutup Turun Tajam; Saham Teknologi dan Pertambangan Merosot

840

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa ditutup melemah tajam pada Rabu, di tengah aksi jual global untuk saham, dengan saham teknologi dan pertambangan memimpin kerugian.

Indeks STOXX 600 Eropa ditutup turun 1,46 persen. Teknologi dan sumber daya dasar adalah dua pecundang terbesar, tetapi sebagian besar sektor berjuang di tengah kekhawatiran atas pertumbuhan ekonomi global dan naiknya suku bunga.

Indeks FTSE Inggris berakhir turun 1,27 persen. Indeks DAX Jerman tergelincir 2,2 persen. Indeks CAC Perancis merosot 2,11 persen.

Sentimen investor telah terpukul minggu ini setelah laporan IMF menurunkan perkiraan produk domestik bruto global untuk tahun ini dan tahun depan. Di Amerika Serikat, kekhawatiran bahwa Federal Reserve siap untuk mendorong suku bunga yang lebih tinggi juga memiliki efek tekanan pasar global.

Melihat masing-masing perusahaan, saham perusahaan mewah mengisi bagian bawah indeks Stoxx 600 Rabu. LVMH berakhir turun 7,14 persen setelah melaporkan perlambatan penjualan. Merek mewah lainnya juga di bawah garis datar, dengan Moncler turun 10,85 persen dan Kering turun 9,62 persen. Menurut Reuters, Morgan Stanley memotong peringkat sektor barang mewah Uni Eropa menjadi “underweight”.

Wirecard duduk di bagian bawah indeks utama Eropa setelah tergelincir lebih dari 14,2 persen. Perusahaan teknologi Jerman menyerahkan semua dan lebih banyak keuntungan kuat hari Selasa.

Di tempat lain, Brexit terus menjadi area fokus untuk pasar, karena pemerintah AS menghadapi tekanan untuk mencapai kesepakatan perceraian dengan Uni Eropa sebelum akhir tahun. Britain’s Society of Motor Manufacturers and Traders, sebuah badan perdagangan yang mewakili sektor otomotif, meluncurkan rencana cadangan yang disebut “Program Kesiapan Brexit” pada hari Rabu, yang bertujuan untuk melindungi rantai pasokan industri.

Di bagian depan data, angka pertumbuhan Inggris menunjukkan peningkatan aktivitas ekonomi selama musim panas. Dalam tiga bulan hingga Agustus, PDB adalah 0,7 persen lebih tinggi dari kuartal sebelumnya, Kantor Statistik Nasional mengatakan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan bursa Wall Street yang akan fokus mengikuti data inflasi AS bulan September yang akan dirilis nanti malam, yang jika naik akan mendukung kenaikan bursa dan sebaliknya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here