Harga Emas Mingguan Melonjak 1,5 Persen; Pergerakan Dolar AS Menjadi Acuan

1643

(Vibiznews – Commodity) Harga Emas jatuh pada akhir pekan hari Jumat, mundur dari tertinggi lebih dari dua bulan yang dicapai pada sesi sebelumnya, karena pasar saham global memulihkan beberapa kerugian.

Harga emas spot LLG turun 0,4 persen pada $ 1,218.76 per ons pada akhir pekan, setelah melompat sekitar 2,5 persen pada Kamis karena aksi jual dalam ekuitas mengirim investor menuju aset safe-haven. Harga mencapai tertinggi sejak 31 Juli di $ 1,226.27 pada hari Kamis.

Harga Emas telah meningkat sekitar 1,5 persen minggu ini, di jalur untuk kenaikan mingguan terbesar dalam tujuh minggu.

Saham global mengalami hari terkuat mereka dalam hampir sebulan pada hari Jumat karena pasar Eropa dan Asia pulih dari aksi jual tajam yang membuat mereka bersiap untuk minggu terburuk mereka sejak Februari.

Meskipun persentase kenaikan satu hari tertajam emas sejak Juni 2016 pada hari Kamis, logam mulia masih turun sekitar 11 persen dari puncaknya pada bulan April karena investor membeli dolar saat perang perdagangan AS-China terhampar dengan latar belakang meningkatnya suku bunga AS.

Sementara itu, palladium turun 0,8 persen pada $ 1,068.20, setelah mencapai tertinggi sejak 26 Januari di $ 1,096.80 pada sesi sebelumnya.

Perak naik 0,1 persen menjadi $ 14,58, sementara platinum datar di $ 839,20.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi maju jika pelemahan dolar AS terus berlanjut. Sentimen kekuatiran perlambatan pertumbuhan ekonomi juga dapat mengangkat emas sebagai aset safe haven. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,221-$ 1,223, dan jika turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,217-$ 1,215.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here