Laporan Progress Panen dan Penguatan Dolar AS Memicu Harga Biji-Bijian Turun

683

(Vibiznews – Commodity) – Laporan progress panen yang meningkat dan penguatan dolar AS membuat semua harga biji-bijian turun pada penutupan pasar hari Selasa.

Harga gandum Desember di CBOT turun 7 ½ sen menjadi $4.99 ¾ per bushel.

Laporan penanaman gandum musim dingin di KS 13% di bawah normal, OK kurang 1% dari rata-rata, dan TX 8% dibawah rata-rata 5 tahun. Cuaca kering di KS,OK, dan sebelah barat TX membuat progress penanaman dapat berlangsung dengan baik. Departemen pertanian Ukraina melaporkan 95% dari gandum musim dingin sudah ditanam.

Analisa tehnikal pada gandum resistant pertama di $5.1716 dan berikut $5.2958 sedangkan support pertama di $4.8891 dan berikut ke $4.7308.

Harga kedelai Nopember ditutup turun 5 ½ sen menjadi $8.33 ½ per bushel, karena penguatan indeks dolar. NASS melaporkan progress panen 72% ladang sudah dipanen.

Harga kedelai Nopember sudah turun 60 sen sejak harga tertinggi 15 Oktober. Cuaca yang baik menyebabkan panen berlangsung dengan baik penguatan indeks dolar, kampanye pemilihan presiden dan perang dagang AS dan Cina membuat pasar tertekan.
Sampai pertengahan Oktober kesulitan panen terjadi di berbagai area, hujan dan suhu udara yang tidak teratur membuat kerusakan pada tanaman kedelai, sehingga harga naik ke tertinggi pada 15 Oktober. Namun setelah itu cuaca yang baik membuat panen berlangsung dengan baik dan progressnya 72% sampai minggu ini.
Analisa tehnikal kedelai resistant pertama di $8.5834 dan berikut ke $8.7192 sedangkan support pertama di $8.3559 dan berikut ke $8.2642.

Harga Jagung Desember turun 2 sen menjadi $3.64 ¾ per bushel.

Harga jagung tertekan karena menguatnya indeks dolar AS membuat harga jagung mahal untuk negara-negara bermata uang lainnya selain itu tidak adanya faktor penggerak harga jagung untuk naik.

Progress panen di WCB masih dibawah rata-rata sedangkan di ECB sudah dua kali dari normal, karena cuaca kering di daerah ini, namun panen minggu-minggu yang akan datang bisa melambat lagi karena di daerah ini akan turun hujan.

Analisa tehnikal resistant pertama di $3.7334 dan berikutnya ke $3.7892, sedangkan support pertama ke $3.6134 dan berikut ke $3.5492.

Loni T / Analyst Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here