Emas Turun Mendekati Kerendahan Selama 3 Minggu, Mendekati Level $1215.

584

(Vibiznews-Commodity) Emas tetap berada pada tekanan jual untuk tiga sesi berturut-turut dan sekarang berada dekat dengan kerendahan selama tiga minggu, hanya sedikit diatas level $1215.

Metal berharga melanjutkan koreksi penurunannya dari ketinggian lebih dari tiga bulan, yang terjadi pada hari Jumat minggu yang lalu, dan terbebani turun oleh kombinasi dari kekuatan-kekuatan yang negatif.

Sentimen “bulish” yang mendominasi dan mengelilingi “greenback”, dengan indeks kunci dolar AS menyentuh ketinggian selama 16 bulan pada hari Rabu kemarin, dilihat sebagai salah satu faktor kunci yang membebani komoditi yang berdenominasikan emas.

Hal ini ditambah dengan pemulihan yang berkelanjutan di dalam sentimen terhadap resiko, sebagaimana yang digambarkan oleh nada-nada yang positip disekitar pasar saham, selanjutnya menekan metal berharga yang berstatus “safe-haven”.

Komentar yang optimistik dari Presiden AS Donald Trump, yang memprediksikan terjadinya kesepakatan yang besar dengan Cina, meredakan ketakutan akan bereskalasinya perang dagang lebih jauh dan mendorong minat investor terhadap assets yang lebih beresiko seperti saham.

Sementara itu, suatu kelanjutan dari kenaikan imbal hasil “treasury bond” AS, ditengah semakin teguhnya prospek kenaikan tingkat bunga yang bertahap dari Federal Reserve AS, menurunkan permintaan terhadap metal kuning yang tidak memberikan imbal hasil.

Sangat menarik untuk melihat apakah komoditi emas ini pada akhirnya bisa mendapatkan minat beli pada level yang lebih rendah ataukah tarikan turun saat ini menandai berakhirnya pergerakan naik dari kerendahan selama 20 bulan yang dibuat oleh emas pada pertengahan bulan Agustus.

Harga emas tetap berada pada posisi bertahan bahkan setelah laporan bulanan ADP pada hari Rabu kemarin menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan AS menciptakan 227.000 pekerjaan baru di sektor swasta selama bulan Oktober.

Konsensus memperkirakan penambahan pekerjaan baru di sektor swasta antara 178.000 sampai 189.000.  Sebelum laporan ADP, harga emas berada pada $1,215.10 per ons. Tiga menit setelah laporan ADP keluar, harga emas naik sedikit menjadi $1,216.40.

Aksi jual yang berkelanjutan bisa membuat harga emas turun kebawah level $1215 yang akan membawanya ke $1211 sebelum berhadapan dengan “support” di $1207 dan akhirnya mengetes batas psikologis kunci di $1200. Arah sebaliknya akan bertemu dengan “resistan” terdekat di $1220 yang apabila terus naik akan berhadapan dengan zona “supply” di $1225 dan akhirnya rintangan yang kuat berada pada $1232.

Ricky Ferlianto/VBN/Head of III, Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here