Brexit Sedikit Hibur Perdagangan Saham Eropa

989

(Vibiznews – Index)- Perdagangan bursa saham Eropa hari terakhir perdagangan pekan ini Jumat (23/11) dibuka  sedikit lebih tinggi  karena investor masih hati-hati mengelola asetnya oleh harapan untuk kemajuan dalam negosiasi Brexit. Fokus pasar sebagian besar  dengan perkembangan Brexit, setelah draft kesepakatan sudah dicapai antara Inggris dan Uni Eropa sebelumnya.

Sementara itu, pemerintah Inggris masih menghadapi tugas yang berat dalam mendapatkan kesepakatan tersebut melalui parlemen yang  anggotanya terpecah atas proposal  saat ini. Saham eropa juga akhir pekan ini masih dikhawatirkan dengan kondisi laba perusahaan terdaftar yang menurun serta ketegangan perdagangan AS-China.

Terpantau indeks Stoxx 600 Eropa pan-Eropa naik tipis sekitar 0,2 persen selama transaksi pagi dengan sebagian besar sektor dan bursa utama di wilayah positif. Pergerakan indeks bursa Eropa terkini; Indeks  DAX Jerman naik 0,52 persen, indeks CAC 40 Prancis naik 0,37 persen sementara FTSE 100 Inggris naik 0,36  persen.

Indeks perbankan Eropa berada di antara top gainers dengan meningkat  hampir 1 persen, demikian juga saham maskapai penerbangan mencetak kenaikan indeks.

Sebagai informasi, perdagangan sebelumnya ditutup lebih rendah mengingat kekhawatiran seputar Brexit dan Italia. Dimana indeks Pan-Eropa Stoxx 600 turun 0,7 persen lalu indeks DAX Jerman turun 0,9 persen, indeks CAC 40 Prancis turun 0,8 persen dan FTSE 100 AS menurun 1,3 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here