Harga Minyak Bulan November Merugi 23 Persen; Minyak AS di Bawah $ 50

1308

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak jatuh pada Kamis (29/11), membawa kerugian bulanan sejauh 23 persen, menandai penurunan satu bulan terbesar sejak kedalaman krisis keuangan pada tahun 2008.

Kenaikan tajam dalam pasokan minyak mentah AS, bersama dengan desakan Arab Saudi bahwa tidak akan memotong produksi sendiri untuk menstabilkan pasar, menghapus keuntungan semalam dalam minyak berjangka.

Harga minyak mentah berjangka AS turun di bawah $ 50 untuk pertama kalinya dalam lebih dari setahun. Kontrak Januari terakhir turun 40 sen menjadi $ 49,89.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 64 sen pada $ 58,12 per barel, dari sesi tinggi sebelumnya pada $ 59,51,

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada hari Rabu bahwa dia berkomunikasi dengan OPEC dan siap untuk melanjutkan kerjasama pada pasokan jika diperlukan, tetapi dia puas dengan harga minyak $ 60.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen non-OPEC bertemu di Wina pekan depan untuk membahas putaran baru pemotongan pasokan 1 juta hingga 1,4 juta barel per hari (bpd) dan mungkin lebih untuk menaikkan harga.

Persediaan minyak mentah AS telah mencapai level tertingginya dalam setahun setelah peningkatan mingguan kesepuluh berturut-turut, dan sekarang hanya 80 juta barel di bawah rekor Maret 2017 535 juta barel, menurut Energy Information Administration.

Investor di pasar komoditas melihat ke depan untuk pertemuan para pemimpin Kelompok 20 negara (G20), ekonomi terbesar dunia, pada 30 November dan 1 Desember, dengan perang perdagangan AS-China menjadi fokus utama.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya harga minyak berpotensi lemah dengan peningkatan pasokan mingguan AS. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 49,40-$ 48,90, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 50,40-$ 50,90.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here