Pergerakan Dolar AS Terhambat Kekuatiran Perlambatan Ekonomi

843

(Vibiznews – Forex) Dolar naik tipis pada hari Rabu tetapi tetap di bawah tekanan dengan terjadinya pembalikan kurva imbal hasil Treasury yang menyebabkan kekhawatiran tentang kemungkinan resesi AS.

Dolar AS telah menikmati kinerja yang mantao selama berbulan-bulan terhadap saingannya tetapi hal tersebut diusik oleh meningkatnya kekhawatiran tentang perlambatan pertumbuhan AS.

Kekhawatiran mereka pada hari Selasa melihat imbal hasil dua tahun naik di atas imbal hasil 5 tahun untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade.

Apa yang disebut “inversi” kurva imbal hasil bagi banyak investor membunyikan alarm tentang perlambatan ekonomi AS.

Terhadap sekeranjang enam saingan mata uang, dolar AS naik tipis 0,1 persen menjadi 97,103, memangkas kerugian minggu ini menjadi 0,2 persen. Itu 0,6 persen dari puncak 17-bulan 97,693 yang disentuh pada 12 November.

Pelemahan dolar baru-baru ini datang dengan latar belakang gencatan sementara dalam konflik perdagangan AS-China yang disepakati selama akhir pekan yang telah meningkatkan kepercayaan investor dalam mata uang berisiko terhadap dolar AS.

Dolar AS telah berada di bawah tekanan sejak Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan Rabu lalu bahwa suku bunga AS mendekati level netral, yang pasar ditafsirkan sebagai sinyal perlambatan laju kenaikan suku bunga.

Euro melemah 0,1 persen menjadi $ 1,1328.

Dolar Australia merosot lebih dari 0,7 persen terhadap dolar AS karena data ekonomi yang mengecewakan semakin meredupkan peluang kenaikan suku bunga. Aussie bergerak tajam dari posisi tertinggi empat bulan $ 0,7394 pada awal minggu.

Aussie, yang sering dipandang sebagai barometer pertumbuhan China, telah meningkat di awal sesi setelah Kementerian Perdagangan China mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa delegasi perdagangan dan ekonomi China telah mengadakan pertemuan yang sukses dengan Amerika Serikat.

Terhadap yen, dolar naik 0,2 persen menjadi ¥ 112,97, mencakar kembali beberapa kerugian sesi sebelumnya, ketika membukukan penurunan satu hari terbesar sejak 20 Juli.

Pada hari Selasa, dolar AS merosot hampir 0,8 persen terhadap yen, yang bertindak sebagai safe haven di saat gejolak geopolitik dan keuangan karena Jepang adalah negara kreditur terbesar di dunia.

Pasar saham dan obligasi AS akan ditutup pada hari Rabu untuk hari berkabung nasional bagi mantan Presiden AS George H.W. Bush, yang meninggal pada hari Jumat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya dolar AS berpotensi lemah dengan kekuatiran perlambatan ekonomi AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here