Harga Minyak Masih Tertekan Peningkatan Pasokan AS

665

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak tergelincir pada hari Rabu (06/03) terpicu pasokan mingguan minyak mentah AS yang melebihi pemotongan produksi yang dipimpin OPEC yang sedang berlangsung.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS turun 0,99 persen, atau 56 sen, menjadi $ 56,00 per barel.

Harga minyak mentah berjangka internasional Brent berada di $ 65,66 per barel, turun 20 sen, atau 0,3 persen.

Chevron Corp dan Exxon Mobil Corp merilis proyeksi saingan Permian Basin pada hari Selasa menunjuk ke peningkatan produksi minyak serpih.

Jika terwujud, kenaikan akan memperkuat pasangan ini sebagai pemain dominan di lapangan Texas Barat dan New Mexico, dengan sepertiga produksi Permian berpotensi di bawah kendali mereka dalam waktu lima tahun.

Data dari American Petroleum Institute (API), sebuah kelompok industri, juga menunjukkan pasokan minyak mentah AS lebih besar dari yang diperkirakan.

Persediaan minyak mentah AS naik 7,3 juta barel dalam pekan yang berakhir 1 Maret menjadi 451,5 juta, dibandingkan dengan ekspektasi analis untuk kenaikan 1,2 juta barel, kata API. Pasokan minyak mentah di Cushing, Oklahoma, pusat pengiriman naik 1,1 juta barel.

Peningkatan produksi Amerika Utara merusak upaya pemangkasan pasokan yang dipimpin oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC).

OPEC dan sekutunya berjanji untuk mengekang produksi sebesar 1,2 juta barel per hari, dan mereka kemungkinan akan mendorong kembali keputusan mereka apakah akan memperpanjang atau tidaknya perjanjian pengurangan produksi hingga Juni dari April, menurut sumber.

Sementara itu, pasar sedang mencari tanda-tanda lebih lanjut bahwa Amerika Serikat dan China membuat kemajuan dalam pembicaraan untuk menyelesaikan konflik perdagangan mereka.

Malam nanti akan dirilis data pasokan mingguan minyak mentah AS oleh EIA yang diindikasikan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi lemah tertekan peningkatan pasokan minyak AS. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 55,50-$ 55,00, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 56,50-$ 57,00.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here