Ekspor Kopi Honduras dan Guatemala Turunkan Harga Kopi Arabika

1121

(Vibiznews – Commodity) – Harga kopi Arabika berjangka di bursa komoditas internasional New York pada penutupan perdagangan Selasa (09/04) turun kembali ke posisi terendah 2 hari. Namun untuk harga kopi Robusta di bursa ICE London ditutup rebound dari posisi sebelumnya.

Harga kopi Arabika Mei melemah karena pasokan yang kuat setelah Institut Kopi Honduras melaporkan  bahwa ekspor kopi Honduras Maret naik   2,2% y/y menjadi 875.281 kantong dan Asosiasi Kopi Nasional Guatemala melaporkan bahwa ekspor kopi Guatemala Maret naik  7,1% y/y menjadi 428.019 kantong.

Kenaikan harga kopi Robusta di London dipicu oleh aksi bargain hunting pasar setelah perdaganga akhir pekan lalu anjlok cukup signfikan di harga yang lebih rendah. Sentimen  positif untuk kopi robusta lainnya yaitu laporan Rabu lalu oleh Kementerian Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Vietnam bahwa ekspor kopi Q1 Vietnam turun 14,2% y/y menjadi 483.000 MT. Vietnam adalah petani biji kopi robusta terbesar di dunia.

Harga kopi arabika untuk kontrak paling besar yaitu Mei 2019 bursa New York  ditutup turun 0,20 poin atau 0,21% dari posisi perdagangan sebelumnya pada posisi $92.95 per lb.  Sedangkan harga kopi robusta kontrak bulan Mei ditutup naik  6 poin  atau 0,42% dari  perdagangan  sebelumnya  pada $1426 per ton.

Untuk pergerakan harga kopi robusta di London terdapat sentimen  negatif  yaitu curah hujan yang tidak terduga selama dua minggu terakhir di Vietnam, di mana pola cuaca El Nino diperkirakan akan membawa cuaca lebih kering, menguntungkan tanaman kopi dan negatif untuk harga.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga akhir sesi Amerika esok hari, analis Vibiz Research Center memperkirakan harga kopi arabika akan berusaha rebound secara teknikal setelah 2 hari berturut melemah yang juga didukung oleh penguatan Real Brasil.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here