Harga Minyak Tergelincir Dari Tertinggi 6 Bulan; Kekhawatiran Peningkatan Pasokan AS Menguat

687

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak tergelincir di bawah tertinggi enam bulan pada hari Rabu (24/04) setelah kekhawatiran meningkatnya pasokan AS mengatasi sentimen pengetatan pasokan yang dihasilkan dari pengurangan produksi OPEC dan sanksi A.S. terhadap Venezuela dan Iran.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS berada di $ 65,97 per barel, turun 33 sen.

Harga minyak mentah berjangka Brent berada di $ 74,37 per barel pada 1047 GMT, turun 14 sen.

Pasokan minyak mentah AS naik 6,9 juta barel pekan lalu, lebih dari yang diperkirakan, data dari kelompok industri American Petroleum Institute menunjukkan pada Selasa.

Juga menjadi sentimen bearish, Badan Energi Internasional, pengawas untuk negara-negara konsumen minyak, mengatakan pada hari Selasa pasar “cukup dipasok” dan “kapasitas produksi cadangan global tetap pada tingkat yang nyaman.”

Harga minyak mentah untuk pengiriman spot naik setelah Amerika Serikat mengatakan pada hari Senin akan mengakhiri semua pembebasan sanksi terhadap Iran, menuntut negara-negara menghentikan impor minyak dari Teheran dari Mei atau menghadapi tindakan hukuman.

China, pelanggan minyak terbesar Iran, telah secara resmi mengeluhkan langkah ini.

Lonjakan harga spot telah menempatkan kurva Brent ke depan ke belakang tajam, di mana harga untuk pengiriman nanti lebih murah daripada pengiriman cepat.

Amerika Serikat mengatakan melihat Arab Saudi sebagai mitra untuk menyeimbangkan pasar minyak.

Tetapi beberapa analis mengatakan pasar secara fundamental tetap bullish.

Menandakan tidak ada tindakan segera untuk menangkal barel Iran yang hilang, Menteri Energi Arab Saudi Khalid al-Falih mengatakan pada hari Rabu bahwa produksi negaranya pada bulan Mei tidak akan jauh berbeda dari bulan-bulan sebelumnya.

Dia menambahkan bahwa Arab Saudi bertujuan untuk mempertahankan kuota produksi yang ditetapkan dalam kesepakatan oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak, Rusia dan lainnya, tetapi angka Juni akan ditentukan tergantung pada kebutuhan pelanggan.

Malam nanti akan dirilis data pasokan minyak mentah mingguan AS oleh EIA yang diindikasikan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi turun dengan kekhawatiran peningkatan pasokan AS. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 65,50-$ 65,00, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 66,50-$ 67,00.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here