Harga Minyak Naik; Laporan EIA Dinantikan

896

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak naik pada hari Rabu (17/07) setelah penurunan tajam pada sesi sebelumnya, menyusul data yang menunjukkan persediaan minyak mentah AS turun kurang dari yang diperkirakan.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate naik 30 sen, atau 0,52%, pada $ 57,92 pada 0636 GMT, setelah turun 3,3% pada hari Selasa.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 43 sen, atau 0,67%, pada $ 64,78. Brent berakhir turun 3,2% di sesi sebelumnya.

Persediaan minyak mentah turun 1,4 juta barel dalam sepekan hingga 12 Juli menjadi 460 juta, kelompok industri American Petroleum Institute (API) mengatakan pada hari Selasa. Itu dibandingkan dengan ekspektasi analis untuk penurunan 2,7 juta barel.

Data resmi akan keluar pada hari Rabu nanti dari Energy Information Administration (EIA) pemerintah AS. Jika itu mengkonfirmasi penurunan itu akan menjadi penurunan mingguan kelima berturut-turut, terpanjang sejak awal 2018.

Lebih dari setengah produksi minyak mentah harian di Teluk Meksiko AS tetap offline pada hari Selasa setelah Badai Barry, regulator pengeboran AS mengatakan, karena sebagian besar perusahaan minyak mengatur ulang untuk melanjutkan produksi.

Penurunan pasokan minyak mentah yang lebih kecil dari perkiraan menunjukkan penutupan produksi yang disebabkan oleh Badai Barry akhir pekan lalu memiliki sedikit dampak pada persediaan.

Pasokan bensin juga turun, turun 476.000 barel, dibandingkan dengan ekspektasi analis dalam jajak pendapat Reuters untuk penurunan 925.000 barel.

Pasokan bahan bakar distilasi, yang meliputi diesel dan minyak pemanas, naik 6,2 juta barel, dibandingkan dengan ekspektasi untuk kenaikan 613.000 barel, data API menunjukkan.

Harga minyak turun pada hari Selasa setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan kemajuan telah dibuat dengan Iran, menandakan ketegangan dapat mereda di Timur Tengah.

Namun, Iran kemudian membantah pihaknya bersedia untuk bernegosiasi atas program rudal balistiknya, bertentangan dengan klaim oleh Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, dan tampaknya melemahkan pernyataan Trump.

Perselisihan antara Amerika Serikat dan Iran mengenai program nuklir Teheran telah memberikan dukungan kepada minyak berjangka, mengingat potensi lonjakan harga jika situasinya memburuk.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi naik dengan menurunnya pasokan AS menurut laporan API. Demikian juga jika laporan pasokan mingguan AS oleh EIA malam nanti terealisir turun, akan mengangkat harga minyak. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 58,50-$ 59,00, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 57,50-$ 57,00.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here