Emas Mengalami Rally Dengan Pasar Bergolak Karena Pengumuman Tarif Atas Cina Oleh Trump

1446

(Vibiznews-Commodity) Emas telah mengambil kembali kerugian tajam yang terjadi selama 24 jam yang telah lalu karena berita bahwa Presiden Trump akan mengenakan tambahan tarif 10% atas impor Cina ke Amerika Serikat. Pasar menjadi bergerak liar karena berita ini, dengan pasar saham turun tajam dan Treasuries AS mengalami rally yang kuat.

Emas berjangka bulan Desember terakhir naik $13.30 per ons pada $1,450.00. Harga perak Comex bulan September terakhir turun $0.08 pada $16.315 per ons.

Pengumuman tarif dari Trump menekan indeks dolar AS lebih jauh dan memicu pasar saham AS kehilangan semua keuntungan harian yang bagus dan kemudian lanjut jatuh lebih kebawah secara solid. Imbal hasil surat berharga Treasury AS 10 tahun juga jatuh tajam ke kerendahan 2019 pada 1.89%. Minyak mentah turun lebih dari $4.00 per barel.

Sebelum sampai kepada berita Trump, para trader dan investor masih menggali pernyatan dari Federal Open Market Committee (FOMC) dan konferensi pers Gubernur Fed Powell. Sementara FOMC memangkas tingkat bunga sebagaimana yang telah diperkirakan, Powell mengejutkan pasar ketika dia berkata the Fed tidak berencana untuk mengadakan pemotongan tingkat bunga sebagai suatu seri jangka panjang. Dia menambahkan dengan mengatakan pemangkasan tingkat bunga minggu ini adalah penyesuaian pertengahan siklus. Hal ini menghantui pasar metal. Indeks dolar AS mengalami rally secara solid ke ketinggian baru untuk tahun ini semalam.

Para trader dan investor sekarang sedang menunggu laporan situasi “employment” AS untuk bulan Juli, yang dianggap sebagai laporan bulanan paling penting untuk ekonomi AS. Angka kunci non-farm payroll diperkirakan sekitar 165.000 sedangkan pada bulan Juni, non-farm payrolls naik 224.000.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “resistance” yang solid di $1,467.00 setelah terlebih dahulu melewati $1,453.70 dan kemudian $1,460.00. Sedangkan obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,400.00 setelah terlebih dahulu melewati $1,440.00 dan kemudian $1,430.00.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here