Bursa Utama Asia Masih Lemah, Bursa Pasifik dan IHSG Rebound Kuat

507

(Vibiznews – Index) – Perdagangan saham di bursa Asia sebagian besar dibuka dan bergerak lemah  pada hari Rabu (07/08) meskipun terjadi rebound kuat di bursa Wall Street semalam. Namun demikian, investor berhati-hati setelah People’s Bank of China menetapkan referensi titik tengah resmi harian untuk yuan pada level yang sedikit lebih lemah dari yang diharapkan.

Bank Rakyat China (PBOC) menetapkan referensi titik tengah resmi untuk yuan pada 6,9996 per dolar, yang sedikit lebih lemah dari yang diperkirakan pasar.Kini terpantau Yuan melemah terhadap dolar AS dengan turun sebesar 0,42% ke posisi 7.0814, masih dalam posisi pelemahan dalam lebih dari 1 dekade. Anjloknya kembali Yuan ini membangkitkan kembali sentimen perdagangan safe haven.

Namun bursa saham China Daratan yang rebound di awal perdagangan, kini indeks Komposit Shanghai melemah kembali dengan turun 0,01 persen dari perdagangan sebelumnya. Di Hong Kong, indeks Hang Seng anjlok cukup signifikan dengan penurunan  0,24%.

Sementara itu perdagangan saham di bursa Jepang masih lemah oleh banyak anjloknya saham-saham eksportir utama melemah pasca penguatan yen terhadap dollar AS. Indeks Nikkei 225  anjlok 0,40 %, dengan indeks kelas berat dan pembuat robot Fanuc merosot 1,34%.

Di bursa saham Korea Selatan, indeks Kospi masih berada dalam zona merah setelah 5 hari berturut anjlok parah dengan harga saham Samsung Electronics masih berada di zona merah.

Dikawasan pasifik, bursa saham Australia dan New Zealand rebound kuat imbas penurunan suku bunga yang dilakukan oleh Bank sentral New Zealand. Indeks ASX 200 menguat 0,75% sedangkan indeks NZX menguat 1,45%. Secara keseluruhan, indeks MSCI Asia ex-Jepang sebagian besar datar.

Di tempat lain di Asia, bursa saham  Singapura menguat hingga  naik 0,14%  dan bursa saham  Indonesia menguat signifikan dengan kenaikan  1,46 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here