Bursa Asia Ditutup Naik Terdukung Optimisme Perdagangan AS-China

919

(Vibiznews – Index) Bursa saham Asia Pasifik berakhir naik pada hari Selasa (22/10), didorong peningkatan sentimen positif negosiasi dagang yang sedang berlangsung antara Amerika Serikat dan China.

Indeks ASX 200 Australia naik 0,3% pada 6.672,20, dengan subindex energi menambahkan 0,45% dan bahan naik 1,05% karena penambang utama naik. Saham Rio Tinto naik 1,49%, Fortescue naik 2,4% dan BHP menambahkan 1,17%.

Di Korea Selatan, indeks Kospi naik 1,16% menjadi 2.088,86 karena pembuat chip utama naik. Saham Samsung naik 1,79% dan SK Hynix menambahkan 2,06%.

Saham China daratan sebagian besar menguat: indeks Shanghai naik 0,5% pada 2.954,38, indeks Shenzhen naik 0,93% menjadi 9,642,09.

Indeks Hang Seng Hong Kong naik 0,05% pada 26740,35.

Pasar Jepang tutup untuk hari libur umum.

Sesi di Asia mengikuti kenaikan semalam di Wall Street di mana S&P 500 mencatat penutupan pertama di atas 3.000 sejak 18 September.

Kudlow membuat komentarnya di Fox Business Network. Pada saat yang sama, Sekretaris Perdagangan Wilbur Ross juga mengatakan kepada Fox Business bahwa lebih penting bagi kedua belah pihak untuk memiliki “kesepakatan yang tepat” daripada tanggal yang tepat ketika ditandatangani.

Trump dan Presiden Cina Xi Jinping akan berpartisipasi dalam pertemuan Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik di Chili selama pertengahan November, di mana banyak yang mengantisipasi kesepakatan perdagangan parsial yang akan ditandatangani antara kedua negara.

Di tempat lain, Perdana Menteri Boris Johnson dicegah dari mengadakan pemungutan suara penting pada kesepakatan penarikan Brexit yang baru-baru ini disepakati dengan Brussels. Langkahnya untuk mengadakan pemungutan suara pada hari Senin ditolak oleh Ketua parlemen John Bercow karena bukan konvensi parlemen untuk berulang kali mengajukan pertanyaan yang sama kepada politisi.

Johnson juga dengan enggan meminta perpanjangan tenggat waktu keberangkatan Inggris dari Uni Eropa, tetapi para pemimpin Uni Eropa tidak harus menerimanya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Asia akan mencermati perkembangan perdagangan AS-China, yang jika terus memunculkan sentimen positif akan membantu bursa Asia. Bursa Asia juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here