Harga Minyak Melemah Tertekan Peningkatan Pasokan AS; Data EIA Dicermati

654

(Vibiznews – Commodity) Memasuki sesi Eropa harga minyak melemah pada hari Rabu setelah naik lebih dari 1% di sesi sebelumnya karena data peningkatan mengejutkan pasokan mingguan minyak mentah AS, namun dibatasi harapan untuk permintaan yang lebih kuat tahun depan.

Kesepakatan perdagangan “fase satu” AS – China yang diumumkan minggu lalu telah membantu menangkal beberapa tekanan dari pasar minyak, meredakan kekhawatiran pelemahan ekonomi dari perselisihan yang berkepanjangan antara dua konsumen minyak terbesar dunia ini.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) turun 46 sen, atau 0,75%, menjadi $ 60,48 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 34 sen, atau 0,51%, menjadi $ 65,76 per barel. Patokan internasional ini naik 1,2% menjadi $ 66,10 per barel pada hari Selasa.

Persediaan minyak mentah AS naik 4,7 juta barel dalam sepekan hingga 13 Desember menjadi 452 juta, dibandingkan dengan ekspektasi analis untuk penarikan 1,3 juta barel, data dari kelompok industri American Petroleum Institute menunjukkan.

Data inventaris dari Administrasi Informasi Energi (EIA) AS akan dirilis Rabu malam ini.

Sementara itu, pengurangan produksi yang lebih dalam datang dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutu seperti Rusia – sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC + – terus mendukung sentimen pasar dan mencegah penurunan harga yang lebih besar pada hari Rabu.

OPEC +, yang telah memangkas produksi sebesar 1,2 juta barel per hari (bph) sejak 1 Januari tahun ini, akan membuat pengurangan pasokan minyak lebih lanjut sebesar 500.000 bph dari 1 Januari 2020 untuk mendukung pasar.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi lemah akibat data peningkatan pasokan mingguan minyak mentah AS. Juga akan dicermati data pasokan mingguan oleh EIA yang dirilis malam nanti, yang juga jika terealisir meningkat akan menekan harga minyak. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 60,00-$ 59,50 per barel. Namun jika turun akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 61,00-$ 61,50 per barel.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here