Rekomendasi Harga Emas 7 Mei 2020: Turun Jauh Tertekan Kuatnya USD & Optimisme Pasar.

3006
harga emas

(Vibiznews-Commodity) Harga emas diperdagangkan turun pada perdagangan sesi Amerika Serikat hari Rabu kemarin, setelah laporan employment ADP AS untuk bulan April menunjukkan kehilangan pekerjaan dalam jumlah yang mengejutkan, sehingga menaikkan arus “safe-haven” ke dolar AS, yang pada gilirannya menekan harga emas. Setelah bergerak “side-ways” sedikit diatas $1,700, harga emas turun menembus kebawah $1,690.

Emas berjangka bulan Juni terakhir diperdagangkan disekitar $1,684.00 per ons. Sementara emas Antam ditawarkan beli pada Rp 913.000,- per gram, tidak berubah.

Laporan ADP employment  AS untuk bulan April muncul turun sebesar 20.236.000 – peringatan yang perlu dicamkan mengenai kondisi ekonomi AS dan global pada saat sekarng ini, ditengah pandemik Covid-19. Meskipun pasar memperkirakan angka penurunan yang lebih jauh lagi sebesar 22.000.000. Laporan ADP merupakan pendahuluan dari data yang lebih penting lagi, Non-Farm Payrolls resmi AS yang akan keluar pada hari Jumat.

Pasar saham global bervariasi menguat pada perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Para trader dan investor menunjukkan sedikit lebih berani terhadap resiko pada pertengahan minggu, dengan harga minyak mentah berjangka Nymex telah mengalami “rebound” yang tajam dari level satu digit pada akhir April. Demikian juga ketegangan AS dengan Cina telah mengendor sedikit dengan kedua belah pihak telah menurunkan nada retorika mereka yang kasar – paling tidak untuk sekarang ini. Sentimen pasar yang seperti ini merupakan faktor negatif  bagi harga emas. Sementara pandemic Covid-19 masih mengintai membuat pasar umumnya masih tidak tenang. Sementara Amerika Utara dan Eropa mulai membuka kembali bisnis mereka, angka kasus Covid-19 dan kematiannya di Amerika Serikat masih terus naik.

Penurunan selanjutnya dari harga emas akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,680.32 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,670.52 dan kemudian $1,657.06. Sedangkan kenaikannya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,714.82 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,724.62 dan kemudian $1,736.97

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here