Harga Karet Tocom Awal Pekan Pulih Akibat Penurunan Yen Jepang

1025

(Vibiznews – Commodity) – Harga karet berjangka acuan dunia yang diperdagangkan di bursa komoditas Tokyo awal pekan rebound setelah perdagangan sesi sebelumnya anjlok cukup parah di posisi terendah sepekan. Harga karet Tocom sesi hari Senin (25/05/2020) menguat mengikuti sentimen positif penopang rebound bursa saham Jepang.

Suasana pasar global awal pekan sedang optimis menghiraukan kekhawatiran pertikaan Amerika Serikat dengan China, sehingga membuat nilai kurs safe haven yen Jepang melemah terhadap dolar AS. Anjloknya posisi yen Jepang terhadap dolar memberikan tenaga bagi harga karet Tocom.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling ramai untuk kontrak bulan Oktober 2020 akhir perdagangan  sesi sore ditutup menguat  1,4 yen  atau 0,99%  dari akhir perdagangan sebelumnya ke posisi 152.9 yen, setelah sempat mencapai posisi rendah di posisi  151.8 yen dan posisi tertinggi di 153,8.

Namun penguatan harga karet di Tocom tidak diikuti oleh perdagangan karet  di  bursa Shanghai (SHFE), dimana karet  kontrak bulan September ditutup dengan harga di posisi 10235 yuan, yang anjlok sekitar 25 yuan atau 0,24% dari posisi sebelumnya yang anjlok cukup signifikan.  

Anjloknya harga karet di bursa China paling banyak dipicu oleh posisi harga minyak mentah dunia yang anjlok sejak awal sesi Asia melanjutkan pergerakan bearish minyak akhir pekan lalu.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here