Harga Minyak Sesi Asia Turun Tertekan Peningkatan Pasokan AS

629

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berjangka turun pada hari Rabu (24/06), memperpanjang kerugian dari hari sebelumnya, setelah pasokan minyak mentah AS naik lebih dari yang diperkirakan.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS turun 24 sen, atau 0,59% menjadi $ 40,13 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 13 sen, atau 0,3%, pada $ 42,50 per barel.

Persediaan minyak mentah AS naik jauh lebih besar dari yang diperkirakan 1,7 juta barel pekan lalu, menurut kelompok industri American Petroleum Institute (API), jauh di depan ekspektasi analis untuk pembangunan 300.000 barel.

Namun data menunjukkan persediaan bensin dan destilasi AS turun, memberi dukungan optimisme bahwa konsumsi bahan bakar meningkat karena beberapa negara melonggarkan penguncian yang diberlakukan untuk mengandung pandemi coronavirus.

Pada hari Selasa, kontrak Brent dan WTI diperdagangkan pada level tertinggi sejak harga jatuh pada awal Maret.

Konsumsi minyak global telah mulai pulih karena ekonomi muncul dari penguncian, sementara Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen sekutu – sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC + – telah memangkas produksi dan produsen serpih AS telah menutup sumur pengeboran.

Namun, pasar tetap khawatir tentang peningkatan jumlah kasus virus corona di Amerika Serikat dan di tempat lain.

Kasus baru Covid-19 naik 25% di Amerika Serikat pada minggu yang berakhir 21 Juni dan jumlah kematian di Amerika Latin melewati 100.000 pada hari Selasa, menurut analisis Reuters dan penghitungan.

Malam nanti akan dirilis data resmi persediaan minyak mentah AS oleh EIA yang diindikasikan menurun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak berpotensi lemah dengan meningkatkan persediaan minyak mentah mingguan seperti yang dilaporkan EIA. Namun jika malam nanti data persediaan minyak mentah mingguan AS yang dilaporkan EIA terealisir turun, akan menguatkan harga minyak. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 39,00 – $ 38,41, namun jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 41,51 – $ 42,15.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here