Harga Minyak Naik Terdorong Optimisme Pemulihan Permintaan Bahan Bakar

647

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak naik pada hari Jumat terdorong optimisme pemulihan permintaan bahan bakar di seluruh dunia, meskipun lonjakan infeksi coronavirus di beberapa negara bagian AS dan indikasi kenaikan produksi minyak AS.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik 56 sen, atau 1,45%, menjadi $ 39,28 namun berada di jalur untuk sedikit penurunan untuk minggu ini.

Harga minyak mentah berjangka Brent juga naik 1,68%, atau 69 sen, menjadi $ 41,74, tetapi juga menuju penurunan tipis untuk minggu ini.

Secara keseluruhan, pasar komoditas mengambil pandangan positif pada pemulihan global pada hari Jumat meskipun ada kekhawatiran tentang penyebaran virus corona

Analis mengatakan data satelit menunjukkan peningkatan tajam dalam lalu lintas di Cina, Eropa dan di seluruh Amerika Serikat menunjukkan pemulihan permintaan bahan bakar.

Kemacetan di Shanghai dalam beberapa minggu terakhir lebih tinggi daripada pada periode yang sama tahun lalu, sementara di Moskow lalu lintas kembali ke tingkat tahun lalu, data yang diberikan kepada Reuters oleh perusahaan teknologi lokasi TomTom menunjukkan.

Namun, ada kekhawatiran lonjakan infeksi Covid-19 di selatan AS dapat menghambat pemulihan permintaan, terutama karena beberapa negara bagian seperti Florida dan Texas, adalah di antara konsumen bensin terbesar.

Prospek peningkatan produksi minyak mentah AS juga menutup kenaikan pada hari Jumat.

Sebuah survei terhadap para eksekutif di wilayah penghasil minyak dan gas utama AS oleh Dallas Federal Reserve Bank menemukan lebih dari separuh eksekutif yang memangkas produksi berharap untuk melanjutkan beberapa produksi pada akhir Juli.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak berpotensi naik terdukung optimisme peningkatan permintaan bahan bakar. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 40,55 – $ 41,62, namun jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 38,83 – $ 37,55.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here